Kamis, 29 Desember 2011
Model umum sistem perusahaan 2
Nama : R u l i
NPM : 36110275
Kelas: 2 DB 04
MODEL UMUM SISTEM PERUSAHAAN 2
Data-data yang dibutuhkan pada contoh sistem penarikan uang tunai ATM :
Berikut contoh tabel data basenya:
Rabu, 26 Oktober 2011
MODEL SISTEM PERUSAHAAN
Kata Penghantar
Bagi seorang mahasiswa, bidang studi informatika dan computer, mata ajaran E-Commerice EDI dan Model Sistem Umum Perusahaan. merupakan mata ajaran yang sangat penting.Penguasaan yang baik terhadap konsep E-Commerice EDI dan Model Sistem Umum Perusahaan merupakan suatu hal yang baik mutlak di perlukan. Hal ini sangat akan membantu kelancaran studi mahasiswa.
Materi yang di cakup buku ini terutama mengenai E-Commerice EDI dan Model Sistem Umum Perusahaan. Tulisan ini cukup banyak dilengkapi dengan contoh-contoh nya.
Penyusunan menyadari bahwa buku ini masih jauh dari sempurna, baik dari segi isi, cara penyajian ataupun bahasa. Kiranya tegur sapa para pembaca sekalian akan dapat meningkatkan dan menyempurnakan tulisan ini. Demikianlah, kiranya tulisan ini dapat dimanfaat dengan sebaik.
DAFTAR ISI
Bab 1 ……….……………… E-COMMERICE hal 1
Bab 2 ………………………. Faktor kunci sukses dalam e-commerce hal 2
Bab 3 ………………………. Masalah e-commerce hal 3
Bab 4 ……………………… Aplikasi bisnis hal 4
Bab 5 ……………………… Model Sistem Umum Perusahaan hal 5
Bab 6 ……………………….. Dimensi-dimensi Informasi hal 6.
Bab 7 ……………………… Pendekatan system. hal 7.
Bab 8 ……………………... Tahapan pemecahan masalah hal 8
Bab 9 ………………………. Pemecahan masalah hal 9
Bab 1
E-COMMERICE
EDI (Pertukaran Data elektronik)
Perdagangan elektronik atau e-dagang (bahasa Inggris: Electronic commerce, juga e-commerce) adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-dagang dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-dagang ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll.
E-dagang atau e-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-dagang juga memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data (databases), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.
E-dagang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman-web (website). Menurut Riset Forrester, perdagangan elektronik menghasilkan penjualan seharga AS$12,2 milyar pada 2003. Menurut laporan yang lain pada bulan oktober 2006 yang lalu, pendapatan ritel online yang bersifat non-travel di Amerika Serikat diramalkan akan mencapai seperempat trilyun dolar US pada tahun 2011.
Istilah "perdagangan elektronik" telah berubah sejalan dengan waktu. Awalnya, perdagangan elektronik berarti pemanfaatan transaksi komersial, seperti penggunaan EDI untuk mengirim dokumen komersial seperti pesanan pembelian atau invoice secara elektronik.
Kemudian dia berkembang menjadi suatu aktivitas yang mempunya istilah yang lebih tepat "perdagangan web" — pembelian barang dan jasa melalui World Wide Web melalui server aman (HTTPS), protokol server khusus yang menggunakan enkripsi untuk merahasiakan data penting pelanggan.
Pada awalnya ketika web mulai terkenal di masyarakat pada 1994, banyak jurnalis memperkirakan bahwa e-commerce akan menjadi sebuah sektor ekonomi baru. Namun, baru sekitar empat tahun kemudian protokol aman seperti HTTPS memasuki tahap matang dan banyak digunakan. Antara 1998 dan 2000 banyak bisnis di AS dan Eropa mengembangkan situs web perdagangan ini.
Hal1
Bab 2
Faktor kunci sukses dalam e-commerce
Dalam banyak kasus, sebuah perusahaan e-commerce bisa bertahan tidak hanya mengandalkan kekuatan produk saja, tapi dengan adanya tim manajemen yang handal, pengiriman yang tepat waktu, pelayanan yang bagus, struktur organisasi bisnis yang baik, jaringan infrastruktur dan keamanan, desain situs web yang bagus, beberapa faktor yang termasuk:
- Menyediakan harga kompetitif
- Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
- Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
- Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon.
- Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
- Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.
- Mempermudah kegiatan perdagangan.
Hal 2
Bab 3
Masalah e-commerce :
- Penipuan dengan cara pencurian identitas dan membohongi pelanggan.
- Hukum yang kurang berkembang dalam bidang e-commerce ini.
Hal 3
Bab 4
Aplikasi bisnis
Beberapa aplikasi umum yang berhubungan dengan e-commerce adalah:
- E-mail dan Messaging
- Content Management Systems
- Dokumen, spreadsheet, database
- Akunting dan sistem keuangan
- Informasi pengiriman dan pemesanan
- Pelaporan informasi dari klien dan enterprise
- Sistem pembayaran domestik dan internasional
- Newsgroup
- On-line Shopping
- Conferencing
- Online Banking
Hal 4
BAB 5
Model Sistem Umum Perusahaan
Model
Merupakan abstraksi dari sesuatu yang merepresentasikan obyek atau aktifitas yang disebut entity.
Jenis-jenis model
1. Model Fisik
Model yang menggambarkan entity dengan tiga dimensi. Biasanya model ini berukuran lebih kecil dari aslinya. Seperti boneka, mobil-mobilan, prototype rancangan, dsb
2. Model Naratif
Model yang menjelaskan entity secara tertulis/ lisan. Model ini digunakan sehari-hari. Co/: Penjelasan tertulis komputer, penjelasan lisan melalui sistem komunikasi.
3. Model Grafis
Model yang mewakili entitynya dengan abstraksi garis, simbol & bentuk. Seringkali disertai dengan penjelasan naratif.
Co/: laporan-laporan, alat pemecahan / analisis masalah seperti flowchart, DFD.
4. Model Matematis
Model yang disajikan dalam rumus matematika atau persamaan
Co/: BEP = TFC / P – C
BEP : Break Event Point, TFC : Total Fixed Cost, P : Price, C : Cost
Kelebihan :
- Tidak mengenal geografis (siapa saja yg mengerti simbol matematis tentu dapat mengerti model tersebut)
- Ketepatan hubungan diantara bagian dari suatu obyek dapat dideskripsikan.
Kegunaan Model
1. Mempermudah Pengertian
2. Mempermudah Komunikasi
3. Memperkirakan Masa Depan
Model Sistem Umum
Sistem Fisik
1. Arus Material
2. Arus Personil
3. Arus Mesin
4. Arus Uang
Sistem Konsep
1. Sistem Simpul tertutup.
Sistem yang mempunyai simpul feedback & mekanisme kontrol.
Perusahaan bisnis yang memiliki simpul feedback & mekanisme kontrol. Simpul feedbacknya adalah informasi. Mekanisme kontrolnya adalah manajemen perusahaan. Manajemen menggunakan informasi sebagai dasar untuk membuat perubahan dalam sistem fisik.
2. Sistem simpul terbuka.
Sistem yang tidak mempunyai simpul feedback & mekanisme kontrol.
Co/: Pemanas ruang listrik yang kecil & tidak mempunyai mekanisme pengaturan sendiri untuk memberikan temperatur ruang yang tetap. Bila pemanas ini dipasang maka akan mengeluarkan panas yg banyak atau sedikit.
Hal 5.
Bab 6
Dimensi-dimensi Informasi
1. Relevansi
2. Akurasi
3. Ketepatan Waktu
4. Kelengkapan
Sistem konseptual yang mengendalikan sistem fisik terdiri dari tiga elemen penting:
SISTEM KONSEPTUAL
Sebagian Sistem terbuka dapat mengendalikan operasinya sendiri, sebagian tidak. Pengendalian dicapai dengan menggunakan lingkaran umpan balik (feedback), yang menyediakan suatu jalur bagi sinyal-sinyal dari sistem ke mekanisme-mekanisme pengendalian dan dari mekanisme pengendalian kembali ke sistem.
Mekanisme pengendalian adalah sejenis alat yang menggunakan sinyal-sinyal umpan balik untuk mengevaluasi kinerja sistem dan menentukan apakah tindakan perbaikan perlu dilakukan.
Sistem Lingkaran Terbuka Suatu sistem tanpa umpan balik ataupun mekanisme pengendalian. Tidak terdapat umpan balik dari sistem untuk mempengaruhi perubahan-perubahan dalam sistem.
Sistem Lingkaran Tertutup Suatu sistem yang memiliki umpan balik dan mekanisme pengendalian. Sistem ini dapat mengendalikan output dengan membuat penyesuain pada input-nya.
Contoh dari mekanisme pengendalian adalah manajemen perusahaan.
Dimensi Informasi :
• Relevansi ,informasi memiliki relevansi jika berkaitanlangsung dengan masalah yang
dihadapi
• Akurasi, semakin tinggi persentasi ketelitian semakin baik.
• Ketepatan Waktu, informasi harus tersedia saat dibutuhkan agar situasitetap
terkendali atau hilangnya kesempatan.
• Kelengkapan, Infrmasi yang menyajikan gambaran secara lengkap dari suatu masalah
sangat dibutuhkan.
Manajemen, pengolah informasi dan standar
- Pengendalian Manajemen : Manajemen menerima informasi yang menggambarkan output sistem
- Pengolah informasi : mekanisme yang menghasilkan suatu informasi
- Standar : ukuran kerja yang dapat diterima, dinyatakan secara ideal dalam istilah-istilah yang spesifik.
Management By Exception
Adalah suatu gaya yang diikuti manajer, yaitu manajer terlibat dalam aktivitas hanya jika aktivitas itu menyimpang dari kinerja yang diterima.
Keuntungannya :
1. Manajer tidak membuang-buang waktu untuk memantau aktivitas yang berlangsung secara normal.
2. Karena lebih sedikit keputusan yang dibuat, tiap keputusan dapat memperoleh perhatian lebih menyeluruh.
3. Perhatian dipusatkan pada peluang-peluang, maupun pada hal-hal yang tidak berjalan semestinya.
Kendala :
1. Beberapa jenis kinerja bisnis tertentu tidak mudah ditentukan secara kuantitas sehingga standar tidak dapat ditetapkan
2. Suatu sistem informasi yang memantau kinerja secara akurat sangat diperlukan
3. Perhatian harus terus diarahkan pada standar untuk menjaga standar pada tingkat yang tepat
4. Manajer tidak boleh pasif dan hanya menunggu batas kinerja lewat.
Critical Success factor (CSF)
Salah satu kegiatan perusahaan yang berpengaruh kuat pada kemempuan perusahaan mencapai tujuannya. Konsepnya sama dengan management by exception, namun CSF relative lebih stabil dibandingkan management by exception.
CONTOH PENGGUNAAN MODEL SISTEM UMUM
Pasar Swalayan
Arus Material : barang – barang yang dijual.
Arus personil : manajer toko, pegawai gudang, kasir.
Sumber daya mesin : lemari pendingin, kotak peraga, rak-rak, dan komputer.
Arus uang : pemasukan terutama disediakan oleh pembeli dan pengeluaran.
kepada pemasok , pegawai dan pemilik.
Proses transformasi : pembungkusan barang, mengatur barang di rak.
Elemen manajemen sistem konseptual : manajer toko dan asisten.
Pengolah informasi : komputer dan pembaca barcode serta kasir.
Bab 7
PENDEKATAN SISTEM
Manajer terlibat dalam pemecahan masalah untuk pengambilan keputusan yang efektif dan efisien.
Sistem Konseptual adalah suatu sistem pemecahan masalah yang terdiri dari manajer, informasi dan standar. 2 elemen lain masuk dalam proses perubahan masalah menjadi solusi (solusi alternatif dan kendala). Hal 7
Bab 8
TAHAPAN PEMECAHAN MASALAH DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SISTEM
a. Usaha Persiapan
o Memandang perusahaan sebagai suatu sistem.
o Mengenal sistem lingkungan.
o Mengidentifikasi subsistem perusahaan.
b. Usaha Definisi
o Bergerak dari tingkat sistem ke subsistem.
Tujuannya : mengidentifikasi tingkat sistem tempat persoalan berada.
o Menganalisis bagian-bagian sistem dalam suatu urutan tertentu :
1. Mengevaluasi standar.
2. Membandingkan output dengan standar.
3. Mengevaluasi manajemen.
4. Mengevaluasi pemroses informasi.
5. Mengevaluasi input dan sumber daya input.
6. Mengevaluasi proses.
7.Mengevaluasi sumber daya output.
c. Usaha Persiapan
o Pertimbangan alternatif yang layak.
o Mengevaluasi berbagai solusi alternatif.
o Memilih solusi terbaik.
o Menerapkan solusi.
o Memastikan bahwa solusi tersebut efektif.
Hal 8
Bab 9
PEMECAHAN MASALAH
Kategori manajer dalam merasakan masalah :
1. Penghindar masalah (Problem Avoider), manajer mengambil sikap positif dan menganggap semua baik-baik saja.ia berusaha menghalangi kemungkinan masalah dengan mengabaikan informasi.
2. Mengumpulkan Informasi/Pencari masalah (Problem Seeker)) :
a. Gaya teratur, mengikuti gaya management by exception dan menyaring segala sesuatu yang tidak berhubungan dengan area minatnya.
b. Gaya menerima, manajer jenis ini ingin melihat semuanya, kemudian menentukan apakah informasi tersebut bernilai baginya/orang lain dalam organisasi.
3.Menggunakan informasi untuk memecahkan masalah/Pemecah masalah
( Problem solver) :
a. Gaya sistematik, manajer memberi perhatian khusus untuk mengikuti suatu metode yang telah ditetapkan. Co. : pendekatan sistem.
b. Gaya intuitif, manajer tidak menyukai suatu metode tertentu tetapi menyesuaikan pendekatan dengan situasi.
Kamis, 06 Oktober 2011
25 Prediksi Teknologi di Masa Depan
Pada tahun 2020 Cisco memprediksi bahwa untuk harga komputer seharga Rp.10 juta sudah mempunyai kemampuan setara dengan otak manusia. Dan pada tahun 2030, komputer mempunyai kemampuan yang seimbang dengan otak menusia satu kampung.
Dave Evans, Chief Futurist Cisco IBSG Innovations Practice membuat prediksi 25 tehnologi teratas yang akan terjadi dimasa yang akan datang. Berikut prediksi-prediksinya :
1. Pada tahun 2029, storage 11 petabyte dapat menyimpan video berkualitas DVD untuk diputar selama
600 tahun lebih tanpa henti 24 jam sehari. Harganya sekitar US$100 ( Rp.950 ribu ).
2. Untuk 10 tahun kedepan, kita bisa menyaksikan peningkatan kecepatan jaringan komputer internet
rumahan sebesar 20 kali lipat.
3. Pada waktu sekarang, jaringan di seluruh dunia menstranfer data lebih dari 9 exabite per bulan,
sedangkan pada tahun 2013, lalu lintas jaringan nirkabel akan mencapai 400 petabite per bulan.
4. Pada akhir 2010, akan terjadi perbandingan satu miliar transistor per orang, masing-masing transistor
mempunyai harga sepersepuluh juta sen.
5. Internet akan berevolusi menjadi sarana komunikasi yang instans, tanpa peduli jarak.
6. Pada pertengahan tahun 2020, akan tersedia komputer kuantum komersial pertama.
7. Pada tahun 2020, komputer seharga US$1000 akan mempunyai kemampuan setara dengan otak
manusia.
8. Pada tahun 2030, komputer seharga US$1000 akan mempunyai kemampuan seimbang dengan
kemampuan otak manusia satu kampung.
9. Pada tahun 2050, dengan asumsi bahwa jumlah penduduk dibumi 9 miliar, komputer seharga
US$1000, akan mempunyai kemampuan yang seimbang dengan otak jumlah manusia yang ada di
bumi.
10. Untuk waktu sekarang kita bisa mengetahui 5% dari apa yang bisa kita ketahui 50 tahun kedepan.
Artinya, dalam 50 tahun, 95% dari apa yang akan kita ketahui ditemukan ditahun-tahun sebelumnya.
11. Besar data di dunia akan meningkat 6 kali lipat dalam dua tahun kedepan, sementara data perusahaan
akan meningkat 50 kali lipat.
12. Pada tahun 2015, Google akan mengidex sekitar 775 miliar halaman konten.
13. Pada tahun 2015, kita akan menciptakan banyak hal yang sebanding dengan 92,5 juta Libraries of
Congres AS dalam setahun.
14. Pada tahun 2020 diseluruh dunia, masing-masing orang rata-rata akan menyimpan data pribadi
sebesar 130 terabyte ( sekarang rata-rata hanya sebesar 128 gigabyte).
15. Pada tahun 2015, download film dan file sharing peer-to- peer akan melonjak sampai 100 exabyte,
itu setara dengan 5 juta Libraries of Congress AS.
16. Pada tahun 2015, komunikasi video akan jauh lebih marak, menghasilkan 400 exabyte trafik data atau
setara dengan 20 juta Libraries of Congress.
17. Pada tahun 2015, trafik yang dihasilkan oleh telefon, web, email, foto dan musik akan meledak, dan
mencapai 50 exabyte.
18. Dalam waktu 2 tahun, informasi di internet akan berlipat ganda setiap 11 jam.
19. Pada tahun 2010, 35 miliar perangkat akan terhubung ke internet ( hampir enam perangkat per orang
di dunia ).
20. Pada tahun 2020, akan lebih banyak perangkat yang online daripada manusianya.
21. Dengan IPv6, akan ada cukup alamat IP bagi setiap bintang yang diketahui di seluruh alam semesta
untuk masing-masing memiliki 4,8 triliun alamat IP.
22. Pada tahun 2020, penerjemah bahasa universal akan menjadi hal yang umum disetiap perangkat.
23. Dalam 5 tahun ke depan, permukaan apapun dapat dijadikan layar tampilan.
24. Pada tahun 2025, teleportasi pada tingkat partikel akan mulai terealisasi.
25. Pada tahun 2030, penanaman otak buatan sudah dapat dilaksanakan.
Sumber: http://id.shvoong.com/internet-and-technologies/computers/1968494-25-prediksi-teknologi-di-masa/#ixzz1a1EbUYkJ
Dave Evans, Chief Futurist Cisco IBSG Innovations Practice membuat prediksi 25 tehnologi teratas yang akan terjadi dimasa yang akan datang. Berikut prediksi-prediksinya :
1. Pada tahun 2029, storage 11 petabyte dapat menyimpan video berkualitas DVD untuk diputar selama
600 tahun lebih tanpa henti 24 jam sehari. Harganya sekitar US$100 ( Rp.950 ribu ).
2. Untuk 10 tahun kedepan, kita bisa menyaksikan peningkatan kecepatan jaringan komputer internet
rumahan sebesar 20 kali lipat.
3. Pada waktu sekarang, jaringan di seluruh dunia menstranfer data lebih dari 9 exabite per bulan,
sedangkan pada tahun 2013, lalu lintas jaringan nirkabel akan mencapai 400 petabite per bulan.
4. Pada akhir 2010, akan terjadi perbandingan satu miliar transistor per orang, masing-masing transistor
mempunyai harga sepersepuluh juta sen.
5. Internet akan berevolusi menjadi sarana komunikasi yang instans, tanpa peduli jarak.
6. Pada pertengahan tahun 2020, akan tersedia komputer kuantum komersial pertama.
7. Pada tahun 2020, komputer seharga US$1000 akan mempunyai kemampuan setara dengan otak
manusia.
8. Pada tahun 2030, komputer seharga US$1000 akan mempunyai kemampuan seimbang dengan
kemampuan otak manusia satu kampung.
9. Pada tahun 2050, dengan asumsi bahwa jumlah penduduk dibumi 9 miliar, komputer seharga
US$1000, akan mempunyai kemampuan yang seimbang dengan otak jumlah manusia yang ada di
bumi.
10. Untuk waktu sekarang kita bisa mengetahui 5% dari apa yang bisa kita ketahui 50 tahun kedepan.
Artinya, dalam 50 tahun, 95% dari apa yang akan kita ketahui ditemukan ditahun-tahun sebelumnya.
11. Besar data di dunia akan meningkat 6 kali lipat dalam dua tahun kedepan, sementara data perusahaan
akan meningkat 50 kali lipat.
12. Pada tahun 2015, Google akan mengidex sekitar 775 miliar halaman konten.
13. Pada tahun 2015, kita akan menciptakan banyak hal yang sebanding dengan 92,5 juta Libraries of
Congres AS dalam setahun.
14. Pada tahun 2020 diseluruh dunia, masing-masing orang rata-rata akan menyimpan data pribadi
sebesar 130 terabyte ( sekarang rata-rata hanya sebesar 128 gigabyte).
15. Pada tahun 2015, download film dan file sharing peer-to- peer akan melonjak sampai 100 exabyte,
itu setara dengan 5 juta Libraries of Congress AS.
16. Pada tahun 2015, komunikasi video akan jauh lebih marak, menghasilkan 400 exabyte trafik data atau
setara dengan 20 juta Libraries of Congress.
17. Pada tahun 2015, trafik yang dihasilkan oleh telefon, web, email, foto dan musik akan meledak, dan
mencapai 50 exabyte.
18. Dalam waktu 2 tahun, informasi di internet akan berlipat ganda setiap 11 jam.
19. Pada tahun 2010, 35 miliar perangkat akan terhubung ke internet ( hampir enam perangkat per orang
di dunia ).
20. Pada tahun 2020, akan lebih banyak perangkat yang online daripada manusianya.
21. Dengan IPv6, akan ada cukup alamat IP bagi setiap bintang yang diketahui di seluruh alam semesta
untuk masing-masing memiliki 4,8 triliun alamat IP.
22. Pada tahun 2020, penerjemah bahasa universal akan menjadi hal yang umum disetiap perangkat.
23. Dalam 5 tahun ke depan, permukaan apapun dapat dijadikan layar tampilan.
24. Pada tahun 2025, teleportasi pada tingkat partikel akan mulai terealisasi.
25. Pada tahun 2030, penanaman otak buatan sudah dapat dilaksanakan.
Sumber: http://id.shvoong.com/internet-and-technologies/computers/1968494-25-prediksi-teknologi-di-masa/#ixzz1a1EbUYkJ
Hardisk Terbesar Di Dunia, Berkapasitas 120 juta gigabyte
Hardisk terbesar di dunia saat ini memiliki kapasitas 120 petabyte, atau 120 juta gigabyte. Sebelumnya hardisk terbesar di dunia berkapasitas 15 petabyte. Hardisk terbesar buatan IBM itu terdiri dari serangkaian 200 ribu hardisk yang digabungkan menjadi satu di fasilitas superkomputer. Pelaksanaan proyek dilakukan di CA Research Lab, Almaden, San Jose, California, AS.
Hardisk super ini bisa berisi sekitar satu triliun file dan dapat menjalankan simulasi sistem yang lebih kompleks, seperti untuk cuaca dan pemodelan iklim. Megaserver ini dibuat untuk klien anonim yang berencana membuat simulasi fenomena peristiwa nyata.
Untuk menciptalan perangkat keras raksasa ini, IBM mengembangkan berbagai hardware dan teknik perangkat lunak baru. Pendingin yang dibuat untuk hardisk raksasa ini menggunakan sirkulasi air, bukan kipas seperti pendingin hardisk pada umumnya.
Ketika disk utama mati, sistem menarik data dari drive lain dan menulis ke disk pengganti perlahan-lahan, sehingga superkomputer dapat terus bekerja. Jika lebih banyak kegagalan terjadi di antara drive di dekatnya, drive akan membangun kembali kecepatan untuk memproses dan menghindari kemungkinan kegagalan lain, seperti terhapusnya beberapa data secara permanen.
IBM menggunakan taktik standar menyimpan beberapa salinan data pada disk yang berbeda, tapi mempekerjakan perbaikan baru yang memungkinkan superkomputer untuk tetap bekerja dengan kecepatan hampir penuh bahkan ketika drive rusak.
Hardisk
Hardisk adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis. Istilah yang dipakai dalam bahasa baku Indonesia adalah Cakram keras harddisk drive disingkat HDD atau hard drive disingkat HD. Cakram keras diciptakan pertama kali oleh insinyur IBM, Reynold Johnson di tahun 1956. Cakram keras pertama tersebut terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki (0,6 meter) dengan kecepatan rotasinya mencapai 1.200 rpm (rotation per minute) dengan kapasitas penyimpanan 4,4 MB. Cakram keras zaman sekarang sudah ada yang hanya selebar 0,6 cm dengan kapasitas 750 GB. Kapasitas terbesar cakram keras saat ini mencapai 3 TB dengan ukuran standar 3,5 inci.
Jika dibuka, terlihat mata cakram keras pada ujung lengan bertuas yang menempel pada piringan yang dapat berputar
Data yang disimpan dalam cakram keras tidak akan hilang ketika tidak diberi tegangan listrik. Dalam sebuah cakram keras, biasanya terdapat lebih dari satu piringan untuk memperbesar kapasitas data yang dapat ditampung.
Dalam perkembangannya kini cakram keras secara fisik menjadi semakin tipis dan kecil namun memiliki daya tampung data yang sangat besar. Cakram keras kini juga tidak hanya dapat terpasang di dalam perangkat (internal) tetapi juga dapat dipasang di luar perangkat (eksternal) dengan menggunakan kabel USB ataupun FireWire.
Karena sifatnya yang rapuh dan tidak tahan guncangan, cakram keras bisa dikategorikan sebagai barang pecah belah.
Hardisk super ini bisa berisi sekitar satu triliun file dan dapat menjalankan simulasi sistem yang lebih kompleks, seperti untuk cuaca dan pemodelan iklim. Megaserver ini dibuat untuk klien anonim yang berencana membuat simulasi fenomena peristiwa nyata.
Untuk menciptalan perangkat keras raksasa ini, IBM mengembangkan berbagai hardware dan teknik perangkat lunak baru. Pendingin yang dibuat untuk hardisk raksasa ini menggunakan sirkulasi air, bukan kipas seperti pendingin hardisk pada umumnya.
Ketika disk utama mati, sistem menarik data dari drive lain dan menulis ke disk pengganti perlahan-lahan, sehingga superkomputer dapat terus bekerja. Jika lebih banyak kegagalan terjadi di antara drive di dekatnya, drive akan membangun kembali kecepatan untuk memproses dan menghindari kemungkinan kegagalan lain, seperti terhapusnya beberapa data secara permanen.
IBM menggunakan taktik standar menyimpan beberapa salinan data pada disk yang berbeda, tapi mempekerjakan perbaikan baru yang memungkinkan superkomputer untuk tetap bekerja dengan kecepatan hampir penuh bahkan ketika drive rusak.
Hardisk
Hardisk adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis. Istilah yang dipakai dalam bahasa baku Indonesia adalah Cakram keras harddisk drive disingkat HDD atau hard drive disingkat HD. Cakram keras diciptakan pertama kali oleh insinyur IBM, Reynold Johnson di tahun 1956. Cakram keras pertama tersebut terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki (0,6 meter) dengan kecepatan rotasinya mencapai 1.200 rpm (rotation per minute) dengan kapasitas penyimpanan 4,4 MB. Cakram keras zaman sekarang sudah ada yang hanya selebar 0,6 cm dengan kapasitas 750 GB. Kapasitas terbesar cakram keras saat ini mencapai 3 TB dengan ukuran standar 3,5 inci.
Jika dibuka, terlihat mata cakram keras pada ujung lengan bertuas yang menempel pada piringan yang dapat berputar
Data yang disimpan dalam cakram keras tidak akan hilang ketika tidak diberi tegangan listrik. Dalam sebuah cakram keras, biasanya terdapat lebih dari satu piringan untuk memperbesar kapasitas data yang dapat ditampung.
Dalam perkembangannya kini cakram keras secara fisik menjadi semakin tipis dan kecil namun memiliki daya tampung data yang sangat besar. Cakram keras kini juga tidak hanya dapat terpasang di dalam perangkat (internal) tetapi juga dapat dipasang di luar perangkat (eksternal) dengan menggunakan kabel USB ataupun FireWire.
Karena sifatnya yang rapuh dan tidak tahan guncangan, cakram keras bisa dikategorikan sebagai barang pecah belah.
Apakah Perbedaan dan Kelebihan : Laptop, Netbook, Tablet, Lifebook, Nettop dan Notebook.
Dalam kemajuan dunia elektronik dan komputer terjadi ppergerakan cepat dalam hal industri komputer. Sehingga berbagai jenis komputer diproduksi dengan berbagai karakteristik. Diantara komputer yang banyak diminati dengan berbagai istilah seperti laptop, netbook, tablet, nettop dan notebook. Apa perbedaan dan manakah yang paling handal di antara beberbagai jenis komupter tersebut ?
Notebook dan Laptop
Notebook merupakan istilah awal yang muncul bersamaan dengan tibanya era komputer jinjing. Ukurannya lebih kecil dan lebih efektif untuk dibawa ke mana saja, jika dibandingkan dengan desktop PC atau komputer rumahan yang besarnya ’segede gaban’. Istilah Laptop muncul seiring dengan adanya istilah Notebook. Namun kata ‘laptop’ lebih sering digunakan karena diambil dari perilaku pengguna notebook, yang lebih suka meletakkan notebooknya di atas paha daripada meletakkan di atas meja. Kata ‘Lap’ sendiri merupakan bahasa Inggris yang artinya ‘pangkuan’.
Sebenarnya laptop atau notebook cuma sebuah penyebutan istilah belaka. Di Amerika istilah laptop lebih dikenal dari notebook. Juga penyebutan laptop lebih familiar ditelinga orang Indonesia karena lebih dulu populer. Hanya saja seiring dengan waktu istilah laptop memang dirasa kurang pas karena saat ini penggunaannya lebih banyak diatas meja. Istilah notebook yang berarti buku yang dapat dilipat dirasa lebih ‘gagah’ dan lebih kena untuk dipopulerkan. Apalagi dengan munculnya beberapa kasus meledaknya notebook akibat cacat baterai atau suhu panas berlebih, sebuah resiko yang sulit dibayangkan jika laptop dipangku, membuat penggunaan istilah laptop jadi kurang pas.
Meski demikian masih ada beberapa produsen besar pembuat produk ini tetap menggunakan istilah laptop. Toshiba di dalam situs resminya menyebut seluruh tipe produksi PC Portable dengan kata Laptop. Sementara Acer menamakannya dengan Notebook, demikian juga dengan Fujitsu yang mengelompokkan produk Lifebook-nya dengan Notebook. Demikian pula Lenovo, produsen terbesar ke-4 asal China. Sementara Dell, perusahaan asal Texas, dengan tegas menyebut laptop maupun notebook.
Perbedaan utama lain adalah harga. Untuk membeli laptop, kita cuma dapat setengahnya yang didapat dari komputer desktop. Atau dengan kata lain jika tidak benar-benar butuh dan mobile, PC Desktop jauh lebih powerfull sebagai dipilihan.
Laptop
Laptop (Komputer jinjing, notebook, atau powerbook) adalah komputer bergerak yang berukuran relatif kecil dan ringan, beratnya berkisar dari 1-6 kg, tergantung ukuran, bahan, dan spesifikasi laptop tersebut. Sumber daya komputer jinjing berasal dari baterai atau adaptor A/C yang dapat digunakan untuk mengisi ulang baterai dan menyalakan laptop itu sendiri. Baterai laptop pada umumnya dapat bertahan sekitar 1 hingga 6 jam sebelum akhirnya habis, tergantung dari cara pemakaian, spesifikasi, dan ukuran baterai.
Sebagai komputer pribadi, laptop memiliki fungsi yang sama dengan komputer destop (desktop computers) pada umumnya. Komponen yang terdapat di dalamnya sama persis dengan komponen pada destop, hanya saja ukurannya diperkecil, dijadikan lebih ringan, lebih tidak panas, dan lebih hemat daya. Komputer jinjing kebanyakan menggunakan layar LCD (Liquid Crystal Display) berukuran 10 inci hingga 17 inci tergantung dari ukuran laptop itu sendiri. Selain itu, papan ketik yang terdapat pada laptop gratis juga kadang-kadang dilengkapi dengan papan sentuh yang berfungsi sebagai “pengganti” tetikus. Papan ketik dan tetikus tambahan dapat dipasang melalui soket USB maupun PS/2 jika tersedia.
Laptop memiliki komponen pendukung yang didesain secara khusus untuk mengakomodasi sifat komputer jinjing yang portabel. Sifat utama yang dimiliki oleh komponen penyusun laptop adalah ukuran yang kecil, hemat konsumsi energi, dan efisien. Komputer jinjing biasanya berharga lebih mahal, tergantung dari merek dan spesifikasi komponen penyusunnya, walaupun demikian harga komputer jinjing pun semakin mendekati desktop seiring dengan semakin tingginya tingkat permintaan konsumen
Netbook
Netbook merupakan istilah baru yang diluncurkan Intel pada Februari 2008. Istilah ini ditujukan untuk kategori notebook berukuran kecil, ringan dan fungsionalitas yang mencukupi. Netbook bisa disebut sebagai versi laptop lebih kecil. Secara teknis, Netbook adalah istilah baru untuk laptop yang berukuran kecil dengan penekanan fungsi pada aplikasi internet dan wireless communication.
Makanya, setiap netbook dipastikan wajib memiliki fasilitas wi-fi. Netbook cenderung lebih cocok disegmentasi pada pengguna pemula. Seperti untuk anak-anak sekolah, atau pun ibu-ibu rumah tangga. Yang mana umumnya mereka tidak membutuhkan aplikasi lebih dari sebuah komputasi sederhana.
Bentuknya mungil dan tentunya ringan untuk dijinjing. Dengan berat yang tidak lebih dari 1.5 Kg (rata-rata 1Kg), maka Netbook sangat cocok bagi anda yang sering bepergian, selain itu daya tahan baterai dari Netbook rata-rata mencapai 4-8 jam untuk sekali charge, jadi kemanapun anda pergi tak perlu khawatir kehabisan baterai (lowbet). Bandingkan dengan laptop yang hanya tahan selama 3 jam dengan berat 4kg – 5kg.
Netbook sangat cocok bagi anda yang membutuhkan sebuah Laptop hanya untuk kegiatan internetan, memberikan presentasi, ataupun membuat laporan. Dengan spesifikasi standar Netbook seperti prosesor 1.66Ghz, memori RAM 1GB dan Hardisk 160/250GB, netbook benar-benar dibuat untuk kebutuhan standar berkomputer, jadi performanya pun boleh boleh dibilang tidak bagus-bagus amat. Apalagi tanpa dilengkapi DVD drive.
Lalu bagaimana bila anda ingin bermain game terkini dan memutarkan Video Youtube dengan kualitas HD atau High Definition, tentu saja Netbook bukan pilihan yang tepat untuk mengakomodir kebutuhan anda ini. Laptop dan notebook bisa menjadi pilihan yang wajib.
Namun dibandingkan dengan netbook, sisi minus sebuah Laptop/notebook adalah daya tahan baterai yang relatif lebih singkat dibandingkan dengan sebuah netbook, ini bisa dimaklumi karena hadirnya dedicated kartu grafis sampai prosesor yang membutuhkan sumber daya besar. Dari segi berat, Laptop rata-rata hadir dengan berat lebih dari 2 Kg ini artinya jika anda sering bepergian, maka menjinjing sebuah Laptop tentu saja membutuhkan tenaga ekstra, jika dibandingkan anda membawa sebuah Netbook.
Komputer Tablet
Komputer tablet (tablet computer), atau ringkasnya tablet, adalah suatu komputer lengkap yang seluruhnya berupa layar sentuh datar. Ciri pembeda utamanya adalah penggunaan layar sebagai peranti masukan dengan menggunakan stilus, pena digital, atau ujung jari, alih-alih menggunakan papan ketik atau tetikus. Microsoft memperkenalkan versi Windows XP untuk komputer tablet yang disebutnya Tablet PC pada tahun 2000, sedangkan Apple baru meluncurkan versi komputer tabletnya pada tahun 2010 dengan nama iPad.
Lifebook
Lifebook adalah istilah komputer lapto atau note book buatan fujitsu, saat ini lefebook dikemas dengan berbagai bentuk yang sangat kecil dan ramping bahkan ada yang sampai ukuran 5,7 inch.
Nettop.
Nettop adalah versi desktop (komputer meja) yang lebih mini. Di sini juga ada penekanan pada akses internet yang wajib ada. Netbook dan nettop merupakan proyek Intel untuk memberi akses komputer di negara berkembang.
Notebook dan Laptop
Notebook merupakan istilah awal yang muncul bersamaan dengan tibanya era komputer jinjing. Ukurannya lebih kecil dan lebih efektif untuk dibawa ke mana saja, jika dibandingkan dengan desktop PC atau komputer rumahan yang besarnya ’segede gaban’. Istilah Laptop muncul seiring dengan adanya istilah Notebook. Namun kata ‘laptop’ lebih sering digunakan karena diambil dari perilaku pengguna notebook, yang lebih suka meletakkan notebooknya di atas paha daripada meletakkan di atas meja. Kata ‘Lap’ sendiri merupakan bahasa Inggris yang artinya ‘pangkuan’.
Sebenarnya laptop atau notebook cuma sebuah penyebutan istilah belaka. Di Amerika istilah laptop lebih dikenal dari notebook. Juga penyebutan laptop lebih familiar ditelinga orang Indonesia karena lebih dulu populer. Hanya saja seiring dengan waktu istilah laptop memang dirasa kurang pas karena saat ini penggunaannya lebih banyak diatas meja. Istilah notebook yang berarti buku yang dapat dilipat dirasa lebih ‘gagah’ dan lebih kena untuk dipopulerkan. Apalagi dengan munculnya beberapa kasus meledaknya notebook akibat cacat baterai atau suhu panas berlebih, sebuah resiko yang sulit dibayangkan jika laptop dipangku, membuat penggunaan istilah laptop jadi kurang pas.
Meski demikian masih ada beberapa produsen besar pembuat produk ini tetap menggunakan istilah laptop. Toshiba di dalam situs resminya menyebut seluruh tipe produksi PC Portable dengan kata Laptop. Sementara Acer menamakannya dengan Notebook, demikian juga dengan Fujitsu yang mengelompokkan produk Lifebook-nya dengan Notebook. Demikian pula Lenovo, produsen terbesar ke-4 asal China. Sementara Dell, perusahaan asal Texas, dengan tegas menyebut laptop maupun notebook.
Perbedaan utama lain adalah harga. Untuk membeli laptop, kita cuma dapat setengahnya yang didapat dari komputer desktop. Atau dengan kata lain jika tidak benar-benar butuh dan mobile, PC Desktop jauh lebih powerfull sebagai dipilihan.
Laptop
Laptop (Komputer jinjing, notebook, atau powerbook) adalah komputer bergerak yang berukuran relatif kecil dan ringan, beratnya berkisar dari 1-6 kg, tergantung ukuran, bahan, dan spesifikasi laptop tersebut. Sumber daya komputer jinjing berasal dari baterai atau adaptor A/C yang dapat digunakan untuk mengisi ulang baterai dan menyalakan laptop itu sendiri. Baterai laptop pada umumnya dapat bertahan sekitar 1 hingga 6 jam sebelum akhirnya habis, tergantung dari cara pemakaian, spesifikasi, dan ukuran baterai.
Sebagai komputer pribadi, laptop memiliki fungsi yang sama dengan komputer destop (desktop computers) pada umumnya. Komponen yang terdapat di dalamnya sama persis dengan komponen pada destop, hanya saja ukurannya diperkecil, dijadikan lebih ringan, lebih tidak panas, dan lebih hemat daya. Komputer jinjing kebanyakan menggunakan layar LCD (Liquid Crystal Display) berukuran 10 inci hingga 17 inci tergantung dari ukuran laptop itu sendiri. Selain itu, papan ketik yang terdapat pada laptop gratis juga kadang-kadang dilengkapi dengan papan sentuh yang berfungsi sebagai “pengganti” tetikus. Papan ketik dan tetikus tambahan dapat dipasang melalui soket USB maupun PS/2 jika tersedia.
Laptop memiliki komponen pendukung yang didesain secara khusus untuk mengakomodasi sifat komputer jinjing yang portabel. Sifat utama yang dimiliki oleh komponen penyusun laptop adalah ukuran yang kecil, hemat konsumsi energi, dan efisien. Komputer jinjing biasanya berharga lebih mahal, tergantung dari merek dan spesifikasi komponen penyusunnya, walaupun demikian harga komputer jinjing pun semakin mendekati desktop seiring dengan semakin tingginya tingkat permintaan konsumen
Netbook
Netbook merupakan istilah baru yang diluncurkan Intel pada Februari 2008. Istilah ini ditujukan untuk kategori notebook berukuran kecil, ringan dan fungsionalitas yang mencukupi. Netbook bisa disebut sebagai versi laptop lebih kecil. Secara teknis, Netbook adalah istilah baru untuk laptop yang berukuran kecil dengan penekanan fungsi pada aplikasi internet dan wireless communication.
Makanya, setiap netbook dipastikan wajib memiliki fasilitas wi-fi. Netbook cenderung lebih cocok disegmentasi pada pengguna pemula. Seperti untuk anak-anak sekolah, atau pun ibu-ibu rumah tangga. Yang mana umumnya mereka tidak membutuhkan aplikasi lebih dari sebuah komputasi sederhana.
Bentuknya mungil dan tentunya ringan untuk dijinjing. Dengan berat yang tidak lebih dari 1.5 Kg (rata-rata 1Kg), maka Netbook sangat cocok bagi anda yang sering bepergian, selain itu daya tahan baterai dari Netbook rata-rata mencapai 4-8 jam untuk sekali charge, jadi kemanapun anda pergi tak perlu khawatir kehabisan baterai (lowbet). Bandingkan dengan laptop yang hanya tahan selama 3 jam dengan berat 4kg – 5kg.
Netbook sangat cocok bagi anda yang membutuhkan sebuah Laptop hanya untuk kegiatan internetan, memberikan presentasi, ataupun membuat laporan. Dengan spesifikasi standar Netbook seperti prosesor 1.66Ghz, memori RAM 1GB dan Hardisk 160/250GB, netbook benar-benar dibuat untuk kebutuhan standar berkomputer, jadi performanya pun boleh boleh dibilang tidak bagus-bagus amat. Apalagi tanpa dilengkapi DVD drive.
Lalu bagaimana bila anda ingin bermain game terkini dan memutarkan Video Youtube dengan kualitas HD atau High Definition, tentu saja Netbook bukan pilihan yang tepat untuk mengakomodir kebutuhan anda ini. Laptop dan notebook bisa menjadi pilihan yang wajib.
Namun dibandingkan dengan netbook, sisi minus sebuah Laptop/notebook adalah daya tahan baterai yang relatif lebih singkat dibandingkan dengan sebuah netbook, ini bisa dimaklumi karena hadirnya dedicated kartu grafis sampai prosesor yang membutuhkan sumber daya besar. Dari segi berat, Laptop rata-rata hadir dengan berat lebih dari 2 Kg ini artinya jika anda sering bepergian, maka menjinjing sebuah Laptop tentu saja membutuhkan tenaga ekstra, jika dibandingkan anda membawa sebuah Netbook.
Komputer Tablet
Komputer tablet (tablet computer), atau ringkasnya tablet, adalah suatu komputer lengkap yang seluruhnya berupa layar sentuh datar. Ciri pembeda utamanya adalah penggunaan layar sebagai peranti masukan dengan menggunakan stilus, pena digital, atau ujung jari, alih-alih menggunakan papan ketik atau tetikus. Microsoft memperkenalkan versi Windows XP untuk komputer tablet yang disebutnya Tablet PC pada tahun 2000, sedangkan Apple baru meluncurkan versi komputer tabletnya pada tahun 2010 dengan nama iPad.
Lifebook
Lifebook adalah istilah komputer lapto atau note book buatan fujitsu, saat ini lefebook dikemas dengan berbagai bentuk yang sangat kecil dan ramping bahkan ada yang sampai ukuran 5,7 inch.
Nettop.
Nettop adalah versi desktop (komputer meja) yang lebih mini. Di sini juga ada penekanan pada akses internet yang wajib ada. Netbook dan nettop merupakan proyek Intel untuk memberi akses komputer di negara berkembang.
Yahoo, Portal Web Pesaing Google
Yahoo! Inc. merupakan sebuah perusahaan publik Amerika dengan kantor pusat di Sunnyvale, California (tepatnya di Silicon Valley), yang menyediakan layanan internet secara global, meliputi seluruh dunia. Perusahaan ini terkenal akan portal web, mesin pencari (Yahoo! Search), Yahoo! Directory, Yahoo! Mail, Yahoo! News, iklan, pemetaan online (Yahoo! Maps), Yahoo! Video, dan website media sosial dan jasa. Yahoo dirintis oleh Jerry Yang dan David Filo pada bulan Januari 1994 dan diresmikan sebagai badan hukum pada tanggal 1 Maret 1995. Pada tanggal 13 Januari 2009, Yahoo mengangkat Carol Bartz, mantan kepala eksekutif Autodesk, sebagai kepala eksekutif dan anggota dewan direksi Yahoo yang baru.
Sejarah Yahoo
Yahoo! pada awalnya hanyalah semacam bookmark (petunjuk halaman buku), ide itu berawal pada bulan April 1994, saat itu dua orang alumni Universitas Stanford mendapat liburan ketika profesor mereka pergi ke luar kota karena cuti besar. Dua mahasiswa teknik tersebut hanya mempunyai sedikit pekerjaan yang harus dilakukan selain menjelajah internet. Mereka tidak membutuhkan waktu lama untuk mengkompilasi sebuah daftar bookmark yang besar, yang dikelompokkan berdasarkan subyek. Kemudian mereka berpikir untuk memasukannya di web, dan mulai bekerja membuat sebuah program database untuk menanganinya sehingga dapat memberikan hasil secara online.
Pada bulan April 1994 tersebut, bookmark yang tadinya diberi nama “Jerry and David’s Guide to World Wide Web” diganti menjadi Yahoo!, yang mana berasal dari kata “Yet Another Hierarchical Officious Oracle”. Filo dan Yang memilih kata tersbeut karena mereka menyukai definisi umum dari kata-kata tersebut, yang mana berasal dari Gulliver’s Travels oleh Jonathan Swift: “rude –kuat-, unsophisticated -sederhana-, dan uncouth –kasar-)
Domain yahoo.com dibuat pada tanggal 18 Januari 1995. Karena Yang dan Filo menyadari potensi besar yang dimiliki oleh website mereka ini, akhirnya pada tanggal 1 Maret 1995, Yahoo diresmikan sebagai badan hukum. Seperti kebanyakan mesin pencari pada web, Yahoo pun diversifikasi menjadi portal web. Pada akhir 1990-an, Yahoo!, MSN, Lycos, Excite, dan portal web lainnya mengalami perkembangan yang sangat pesat yang menyebabkan masing-masing portal web berlomba untuk memperluas jangkauan layanan mereka agar para pengguna internet lebih lama singgah pada portal web mereka. Cara yang mereka lakukan adalah dengan mengakuisisi perusahaan-perusahaan lain yang bisa menyediakan servis yang mereka inginkan.
Akuisisi yang dilakukan Yahoo
Pada tanggal 8 Maret 1997, Yahoo mengakuisisi perusahaan komunikasi online Four11. Layanan webmail yang dimiliki oleh Four11, Rocketmail, diubah nama menjadi Yahoo! Mail. Yahoo juga mengakuisi ClassicGames.com dan mengubahnya menjadi Yahoo! Games pada tanggal 13 Maret 1998. Pada tanggal 8 Maret 1998, Yahoo meluncurkan Yahoo Pager, layanan pesan instan yang kemudian berubah nama menjadi Yahoo! Messenger setahun kemudian. Pada tanggal 28 Januari 1999, Yahoo mengakuisisi penyedia web hosting GeoCities. Perusahaan lain yang diakuisisi oleh Yahoo adalah eGroups, yang kemudian menjadi Yahoo! Groups. Akuisisi perusahaan ini terjadi pada tanggal 28 Juni 2000.
Kemudian, untuk meningkatkan layanan pencariannya, Yahoo mengakuisi mesin pencari lainnya pada tahun 2002-an. Pada bulan Desember 2002, Yahoo mengakuisisi Inktomi Corporation. Pada bulan Februari 2005, Yahoo mengakuisi Konfabulator dan mengganti namanya menjadi Yahoo! Widgets, sebuah aplikasi desktop. Pada bulan Juli 2003, Yahoo mengakuisi Overture Services. Inc dan anak perusahaan AltaVista dan AlltheWeb. Pada tanggal 9 Juli 2004, Yahoo mengakuisisi penyedia layanan surat elektronik (email) Oddpost untuk menambah kemampuan Ajax pada Yahoo! Mail yang sudah ada.
Yahoo juga melakukan akuisisi untuk meningkatkan layanannya pada layanan Web 2.0. Yahoo! Launchcast menjadi Yahoo! Music pada 9 Februari 2005. Pada tanggal 20 Maret 2005, Yahoo membeli layanan berbagi foto, Flickr. Pada tanggal 29 Maret 2005, perusahaan ini meluncurkan layanan blogging dan jaringan sosial Yahoo! 360°. Pada bulan Juni 2005, Yahoo mengakuisisi blo.gs, layanan berdasarkan agregasi RSS feed. Yahoo! kemudian membeli kalender acara sosial online Upcoming.org pada 4 Oktober 2005. Yahoo juga mengakuisisi del.icio.us pada tanggal 9 Oktober 2005 dan kemudian toko musik online Webjay pada 9 Januari 2006 yang akhirnya menjadi Yahoo! Music.
Pada tanggal 17 Januari 2006, Yahoo mengakuisisi SearchFox, sebuah web mesin pencari, untuk menyempurnakan Yahoo! Search. Pada tanggal 27 September 2006, Yahoo mengakuisisi Jumpcut.com dan mengubahnya menjadi Yahoo! Video. Kemudian, pada tanggal 17 November 2006, Kenet Works pun diakusisi oleh Yahoo untuk membuat Yahoo! Mobile. Pada 29 April820 2007 Yahoo mengakusisi Right Media sebuah penyedia jasa iklan online, yang kemudian berganti nama menjadi Yahoo! Search Marketing. Pada tanggal 14 September 2007, BuzzTracker pun diakusisi demi menciptakan Yahoo! News. Belum puas dengan layanannya, Yahoo mengakuisi Maven Networks dan Xoopit, masing-masing untuk meningkatkan pelayanan Yahoo! Video dan Yahoo! Mail. Koprol, sebuah jejaring sosial asli Indonesia pun tidak luput dari perhatian Yahoo. Pada tanggal 25 Mei 2010, Koprol diakuisisi oleh Yahoo.
Produk dan Layanan Yahoo
Semua layanan Yahoo ini bisa diakses oleh pengguna saat pengguna membuka portal web dari Yahoo.
* Mode pencarian Yahoo memiliki sejumlah layanan mode pencarian, antara lain Yahoo! Image, Yahoo! Video, Yahoo! Local, Yahoo! News, dan Yahoo! Shopping Search.
* Komunikasi Yahoo menyediakan layanan internet dalam bidang komunikasi, antara lain Yahoo! Messenger dan Yahoo! Mail. Selain itu, Yahoo juga menawarkan layanan jejaring sosial dan user-generated content seperti My Web, Yahoo! Personals, Yahoo! 360°, Delicious, Flickr, dan Yahoo! Buzz.
* Konten Yahoo! bekerja sama dengan banyak penyedia konten dalam produk seperti Yahoo! Sports, Yahoo! Finance, Yahoo! Music, Yahoo! Movies, Yahoo! News, Yahoo! Answer dan Yahoo! Games untuk menyediakan konten media dan berita. Yahoo juga menyediakan layanan personalisasi, My Yahoo!, yang mana memungkinkan pengguna untuk menggabungkan fitur Yahoo! favorit mereka, isi konten dan informasi ke dalam satu halaman. Pada tangal 31 Maret 2008, Yahoo meluncurkan Shine, sebuah situs yang dirancang untuk wanita usia 25 sampai 54 tahun untuk mereka mencari informasi dan saran secara online.
* Mobile Yahoo! Mobile menawarkan layanan on-the-go messaging, seperti email, instant messaging, dan mobile blogging; layanan informasi, pencarian dan pengingat, hiburan, nada dering, dan Yahoo! Foto untuk ponsel berkamera. Yahoo juga memperkenalkan sistem pencarian, yang disebut oneSearch pada tanggal 20 Maret 2007, yang dikembangkan khusus untuk ponsel. Yahoo menyatakan bahwa layanannya ini berbeda dari pencarian Web biasa, karena menyajikan daftar informasi aktual, yang mencakup: headline berita, gambar dari situs foto Yahoo! Flickr, daftar bisnis, cuaca lokal dan link-link ke situs lainnya. Untuk memulai penggunaan layanan ini, Yahoo oneSearch memerlukan kode pos atau nama kota di mana pengguna berada agar bisa memberikan hasil pencarian lokal. Hasil pencarian tercantum pada halaman tunggal dan disusun berdasarkan prioritas ke dalam kategori-kategori. Daftar hasil didasarkan pada hasil perhitungan Yahoo atas informasi tertentu yang dicari oleh pengguna. Untuk layanan oneSearch ini, Yahoo menggunakan layanan mobile content transcoding Navarra.
* Perdagangan Yahoo! menawarkan layanan perdagangan seperti Yahoo! Shopping, Yahoo! Autos, Yahoo! Real Estates, dan Yahoo! Travel, yang memungkinkan pengguna untuk mengumpulkan informasi yang relevan dan melakukan transaksi komersial dan pembelian online. Selain itu, Yahoo juga menawarkan e-commerce platform yang disebut Yahoo Merchant Solutions (juga dikenal dengan Yahoo! Store). Yahoo! Auctions sendiri telah dihentikan pada tahun 2007, kecuali untuk bagian Asia.
* Usaha Kecil Yahoo menyediakan layanan seperti Yahoo! Domain, Yahoo! Web Hosting, Yahoo! Merchant Solutions, Yahoo! Business Email, dan Yahoo! Store untuk pemilik usaha kecil dan profesional yang memungkinkan mereka untuk membangun sendiri toko online dengan perangkat yang dimiliki oleh Yahoo. Yahoo juga menawarkan HotJobs untuk membantu pencari tenaga kerja untuk menemukan tenaga kerja yang mereka cari.
* Periklanan Yahoo! Search Marketing menyediakan layanan seperti Sponsored Search, Local Advertising, dan Product/Travel/Directory Submit untuk para pebisnis mengiklankan produk dan jasa mereka di jaringan Yahoo!. Yahoo! Publisher Network merupakan sebuah alat periklanan untuk penerbit online untuk menempatkan iklan yang relevan dengan konten mereka untuk membuat situs Web mereka. Pada tanggal 5 Februari 2007, Yahoo meluncurkan sebuah sistem penjualan iklan di internet baru, yang disebut Panama. Hal ini memungkinkan pengiklan untuk menampilkan iklan mereka untuk istilah pencarian yang didasarkan pada popularitas mereka agar nantinya iklan mereka muncul di halaman hasil pencarian. Melalui Panama, Yahoo bermaksud untuk memberikan hasil yang pencarian yang relevan bagi pengguna, pengalaman yang lebih baik, serta peningkatan monetasi –untuk mendapatkan hasil yang lebih banyak dari tampilnya sebuah iklan. Pada tanggal 7 April 2008, Yahoo mengumumkan APT dari Yahoo!, yang awalnya bernama AMP. APT merupakan sebuah platform manajemen iklan online. Platform ini bertujuan untuk menyederhanakan penjualan iklan dengan menyatukan pembeli dan pasar penjual. Layanan ini diluncurkan pada bulan September 2008.
* Yahoo! Next Yahoo! Next merupakan inkubasi dasar dari masa depan teknologi Yahoo yang mana kini sedang dalam tahap pengujian beta. Yahoo! Next berisi forum pengguna Yahoo di mana pengguna Yahoo dapat memberikan umpan balik untuk membantu pengembangan teknologi masa depan Yahoo. Yahoo! Next ini diciptakan oleh Jerry Page dan David Shin.
* Yahoo! BOSS Yahoo! Search BOSS adalah layanan yang memungkinkan pengembang untuk membangun aplikasi pencarian berdasarkan teknologi pencarian Yahoo. Mitra awal dalam program ini adalah Hakia, Me.dium, Delver, Daylife, dan Yebol.
* Yahoo! Meme Yahoo! Meme merupakan layanan sosial beta, mirip dengan jejaring sosial populer Twitter dan Jaiku.
* Yahoo! Koprol Yahoo! Koprol merupakan jejaring sosial Indonesia berdasarkan lokasi seperti pada GPS tanpa adanya alat GPS.
Layanan Yahoo yang ditutup
* Geocities Merupakan layanan hosting web populer yang didirikan pada tahun 1994. Yahoo mengakuisisi Geocities pada tahun 1999. Sepuluh tahun kemudian Yahoo menutup Geocities dan menghapus jutaan halaman web. Banyak informasi yang hilang karena penghapusan tersebut, namun banyak dari situs dan halaman web ini yang bisa dilihat di OOcities.com.
* Yahoo! 360° Merupakan blogging yang populer/layanan jejaring sosial beta yang diluncurkan pada Maret 2005 oleh Yahoo dan ditutup pada tanggal 13 Juli 2009.
* Yahoo! Mash Beta Merupakan layanan sosial lainnya yang ditutup setelah satu tahun beroperasi sebelum meninggalkan status beta.
* Yahoo! Photos Ditutup pada tanggal 20 September 2007, yang diintegrasikan dengan Flickr.
* Yahoo! Tech Adalah situs web yang menyediakan informasi dan saran pengaturan produk untuk pengguna. Yahoo meluncurkan layanan ini pada Mei 2006. Pada tanggal 11 Maret 2010, Yahoo menutup layanan ini dan mengarahkan pengguna untuk melihat bagian berita teknologi Yahoo saja.
* Layanan lainnya yang dihentikan oleh Yahoo, di antaranya adalah Farechase, My Web, Audio Search, Pets, Live, Kickstart, Briefcase, Yahoo! for Teachers, dan Yahoo! Go.
Koprol Dibeli Yahoo
Yahoo secara resmi mengumumkan akuisisi membeli Koprol. Akuisisi mungkin bukan hal yang luar biasa buat Yahoo karena selama beberapa tahun terakhir perusahaan asal Amerika Serikat ini rajin menguasai perusahaan lainnya. Namun, kabar akuisisi Koprol tentu mengejutkan karena Koprol adalah perusahaan asli Indonesia. “Yahoo! Inc hari ini mengumumkan akuisisi Koprol. Bermarkas di Jakarta, Indonesia,” demikian dilansir Yahoo Finance. Yahoo menyatakan bergabungnya Koprol akan memperkaya layanan berbasis jejaring sosialnya.
Koprol merupakan layanan jejaring sosial yang didirikan PT Skyeight Indonesia sejak tahun 2008. Pengguna Koprol bisa memanfaatkan layanan ini untuk berbagi informasi, review, foto, dan informasi tambahan lainnya tentang lokasi tempat pengguna melaporkannya saat itu. Mirip layanan mikrobloging, tetapi dengan tambahan informasi dan mirip Foursquare, layanan sejenis asal AS yang dilaporkan gagal diakuisisi Yahoo
AOL Inc Berniat Mengakuisisi Yahoo!
CALIFORNIA, KOMPAS.com — Yahoo! Inc kembali menjadi target akuisisi. Raksasa media internet ini tengah dibidik AOL Inc, perusahaan penyelenggara jasa internet global asal Amerika Serikat. Meski belum ada kabar resminya, manajemen Yahoo! sudah bersiap menghadang rencana tersebut. Tiga sumber yang dikutip Bloomberg, Kamis (14/10/2010), bilang, Yahoo! telah menggandeng Goldman Sachs Group untuk membantu mempertahankan diri dari kemungkinan akuisisi oleh AOL. Tim hukum dan komunikasi Yahoo! bersama Goldman dan penasihat lainnya mulai bekerja sama selama dua pekan ke depan.
“Mereka bekerja untuk menangani berbagai pendekatan, termasuk kemungkinan tawaran dari AOL dan perusahaan investasi lainnya,” kata sumber itu. Sejauh ini, belum ada satu pun proposal penawaran yang diterima Yahoo!.
Yahoo! melakukan langkah persiapan diri lantaran kabar ketertarikan AOL terhadap mesin pencari di internet itu kian beredar kencang. Kabarnya, AOL bersama perusahaan pengelola dana investasi, seperti Silver Lake Partners dan Blakestone Group, tengah menjajaki peluang akuisisi Yahoo!. “Dalam beberapa hari ke depan rencana ini akan makin jelas,” kata seorang sumber lainnya. Meski begitu, perusahaan investasi itu dikabarkan telah mengalokasikan dana akuisisi 10 miliar dollar AS-12 miliar dollar AS. Adapun nilai pasar Yahoo! saat ini sekitar 20,6 miliar dollar AS. Sayang, juru bicara AOL, Yahoo!, dan Goldman. Sachs menolak menanggapi berbagai kabar tersebut.
AOL bukanlah peminat pertama Yahoo!. Pada Mei 2008, Microsoft Corp pernah mengajukan tawaran akuisisi Yahoo! senilai 50 miliar dollar AS. Namun, rencana itu kandas dan ditolak manajemen Yahoo!. Sejak peristiwa itu hingga kini, harga saham Yahoo! sudah tergerus sekitar 47 persen. Beberapa perusahaan investasi dan bank investasi mencetuskan niat pengambilalihan Yahoo! melalui AOL dan News Corp. AOL dan News Corp dimiliki Time Warner Inc. Rencana akuisisi itu dilakukan agar Yahoo! fokus sebagai perusahaan media, sedangkan mitranya menggarap bisnis internet.
AOL telah lama menyimpan hasrat terhadap Yahoo!. Pada Desember 2008, Jeff Bewkes selaku Chief Executive Officer Time Warner mengaku tengah membahas kemungkinan kesepakatan AOL dengan Yahoo!, Microsoft, dan Google Inc. Kombinasi AOL dan Yahoo! bisa memperkuat persaingannya dengan jalinan sinergi Google dan Facebook Inc. Di sisi lain, penjualan Yahoo! pada kuartal kedua 2010 di bawah prediksi analis. Bulan lalu, tiga manajer top Yahoo! keluar dari perusahaan itu.
Sejarah Yahoo
Yahoo! pada awalnya hanyalah semacam bookmark (petunjuk halaman buku), ide itu berawal pada bulan April 1994, saat itu dua orang alumni Universitas Stanford mendapat liburan ketika profesor mereka pergi ke luar kota karena cuti besar. Dua mahasiswa teknik tersebut hanya mempunyai sedikit pekerjaan yang harus dilakukan selain menjelajah internet. Mereka tidak membutuhkan waktu lama untuk mengkompilasi sebuah daftar bookmark yang besar, yang dikelompokkan berdasarkan subyek. Kemudian mereka berpikir untuk memasukannya di web, dan mulai bekerja membuat sebuah program database untuk menanganinya sehingga dapat memberikan hasil secara online.
Pada bulan April 1994 tersebut, bookmark yang tadinya diberi nama “Jerry and David’s Guide to World Wide Web” diganti menjadi Yahoo!, yang mana berasal dari kata “Yet Another Hierarchical Officious Oracle”. Filo dan Yang memilih kata tersbeut karena mereka menyukai definisi umum dari kata-kata tersebut, yang mana berasal dari Gulliver’s Travels oleh Jonathan Swift: “rude –kuat-, unsophisticated -sederhana-, dan uncouth –kasar-)
Domain yahoo.com dibuat pada tanggal 18 Januari 1995. Karena Yang dan Filo menyadari potensi besar yang dimiliki oleh website mereka ini, akhirnya pada tanggal 1 Maret 1995, Yahoo diresmikan sebagai badan hukum. Seperti kebanyakan mesin pencari pada web, Yahoo pun diversifikasi menjadi portal web. Pada akhir 1990-an, Yahoo!, MSN, Lycos, Excite, dan portal web lainnya mengalami perkembangan yang sangat pesat yang menyebabkan masing-masing portal web berlomba untuk memperluas jangkauan layanan mereka agar para pengguna internet lebih lama singgah pada portal web mereka. Cara yang mereka lakukan adalah dengan mengakuisisi perusahaan-perusahaan lain yang bisa menyediakan servis yang mereka inginkan.
Akuisisi yang dilakukan Yahoo
Pada tanggal 8 Maret 1997, Yahoo mengakuisisi perusahaan komunikasi online Four11. Layanan webmail yang dimiliki oleh Four11, Rocketmail, diubah nama menjadi Yahoo! Mail. Yahoo juga mengakuisi ClassicGames.com dan mengubahnya menjadi Yahoo! Games pada tanggal 13 Maret 1998. Pada tanggal 8 Maret 1998, Yahoo meluncurkan Yahoo Pager, layanan pesan instan yang kemudian berubah nama menjadi Yahoo! Messenger setahun kemudian. Pada tanggal 28 Januari 1999, Yahoo mengakuisisi penyedia web hosting GeoCities. Perusahaan lain yang diakuisisi oleh Yahoo adalah eGroups, yang kemudian menjadi Yahoo! Groups. Akuisisi perusahaan ini terjadi pada tanggal 28 Juni 2000.
Kemudian, untuk meningkatkan layanan pencariannya, Yahoo mengakuisi mesin pencari lainnya pada tahun 2002-an. Pada bulan Desember 2002, Yahoo mengakuisisi Inktomi Corporation. Pada bulan Februari 2005, Yahoo mengakuisi Konfabulator dan mengganti namanya menjadi Yahoo! Widgets, sebuah aplikasi desktop. Pada bulan Juli 2003, Yahoo mengakuisi Overture Services. Inc dan anak perusahaan AltaVista dan AlltheWeb. Pada tanggal 9 Juli 2004, Yahoo mengakuisisi penyedia layanan surat elektronik (email) Oddpost untuk menambah kemampuan Ajax pada Yahoo! Mail yang sudah ada.
Yahoo juga melakukan akuisisi untuk meningkatkan layanannya pada layanan Web 2.0. Yahoo! Launchcast menjadi Yahoo! Music pada 9 Februari 2005. Pada tanggal 20 Maret 2005, Yahoo membeli layanan berbagi foto, Flickr. Pada tanggal 29 Maret 2005, perusahaan ini meluncurkan layanan blogging dan jaringan sosial Yahoo! 360°. Pada bulan Juni 2005, Yahoo mengakuisisi blo.gs, layanan berdasarkan agregasi RSS feed. Yahoo! kemudian membeli kalender acara sosial online Upcoming.org pada 4 Oktober 2005. Yahoo juga mengakuisisi del.icio.us pada tanggal 9 Oktober 2005 dan kemudian toko musik online Webjay pada 9 Januari 2006 yang akhirnya menjadi Yahoo! Music.
Pada tanggal 17 Januari 2006, Yahoo mengakuisisi SearchFox, sebuah web mesin pencari, untuk menyempurnakan Yahoo! Search. Pada tanggal 27 September 2006, Yahoo mengakuisisi Jumpcut.com dan mengubahnya menjadi Yahoo! Video. Kemudian, pada tanggal 17 November 2006, Kenet Works pun diakusisi oleh Yahoo untuk membuat Yahoo! Mobile. Pada 29 April820 2007 Yahoo mengakusisi Right Media sebuah penyedia jasa iklan online, yang kemudian berganti nama menjadi Yahoo! Search Marketing. Pada tanggal 14 September 2007, BuzzTracker pun diakusisi demi menciptakan Yahoo! News. Belum puas dengan layanannya, Yahoo mengakuisi Maven Networks dan Xoopit, masing-masing untuk meningkatkan pelayanan Yahoo! Video dan Yahoo! Mail. Koprol, sebuah jejaring sosial asli Indonesia pun tidak luput dari perhatian Yahoo. Pada tanggal 25 Mei 2010, Koprol diakuisisi oleh Yahoo.
Produk dan Layanan Yahoo
Semua layanan Yahoo ini bisa diakses oleh pengguna saat pengguna membuka portal web dari Yahoo.
* Mode pencarian Yahoo memiliki sejumlah layanan mode pencarian, antara lain Yahoo! Image, Yahoo! Video, Yahoo! Local, Yahoo! News, dan Yahoo! Shopping Search.
* Komunikasi Yahoo menyediakan layanan internet dalam bidang komunikasi, antara lain Yahoo! Messenger dan Yahoo! Mail. Selain itu, Yahoo juga menawarkan layanan jejaring sosial dan user-generated content seperti My Web, Yahoo! Personals, Yahoo! 360°, Delicious, Flickr, dan Yahoo! Buzz.
* Konten Yahoo! bekerja sama dengan banyak penyedia konten dalam produk seperti Yahoo! Sports, Yahoo! Finance, Yahoo! Music, Yahoo! Movies, Yahoo! News, Yahoo! Answer dan Yahoo! Games untuk menyediakan konten media dan berita. Yahoo juga menyediakan layanan personalisasi, My Yahoo!, yang mana memungkinkan pengguna untuk menggabungkan fitur Yahoo! favorit mereka, isi konten dan informasi ke dalam satu halaman. Pada tangal 31 Maret 2008, Yahoo meluncurkan Shine, sebuah situs yang dirancang untuk wanita usia 25 sampai 54 tahun untuk mereka mencari informasi dan saran secara online.
* Mobile Yahoo! Mobile menawarkan layanan on-the-go messaging, seperti email, instant messaging, dan mobile blogging; layanan informasi, pencarian dan pengingat, hiburan, nada dering, dan Yahoo! Foto untuk ponsel berkamera. Yahoo juga memperkenalkan sistem pencarian, yang disebut oneSearch pada tanggal 20 Maret 2007, yang dikembangkan khusus untuk ponsel. Yahoo menyatakan bahwa layanannya ini berbeda dari pencarian Web biasa, karena menyajikan daftar informasi aktual, yang mencakup: headline berita, gambar dari situs foto Yahoo! Flickr, daftar bisnis, cuaca lokal dan link-link ke situs lainnya. Untuk memulai penggunaan layanan ini, Yahoo oneSearch memerlukan kode pos atau nama kota di mana pengguna berada agar bisa memberikan hasil pencarian lokal. Hasil pencarian tercantum pada halaman tunggal dan disusun berdasarkan prioritas ke dalam kategori-kategori. Daftar hasil didasarkan pada hasil perhitungan Yahoo atas informasi tertentu yang dicari oleh pengguna. Untuk layanan oneSearch ini, Yahoo menggunakan layanan mobile content transcoding Navarra.
* Perdagangan Yahoo! menawarkan layanan perdagangan seperti Yahoo! Shopping, Yahoo! Autos, Yahoo! Real Estates, dan Yahoo! Travel, yang memungkinkan pengguna untuk mengumpulkan informasi yang relevan dan melakukan transaksi komersial dan pembelian online. Selain itu, Yahoo juga menawarkan e-commerce platform yang disebut Yahoo Merchant Solutions (juga dikenal dengan Yahoo! Store). Yahoo! Auctions sendiri telah dihentikan pada tahun 2007, kecuali untuk bagian Asia.
* Usaha Kecil Yahoo menyediakan layanan seperti Yahoo! Domain, Yahoo! Web Hosting, Yahoo! Merchant Solutions, Yahoo! Business Email, dan Yahoo! Store untuk pemilik usaha kecil dan profesional yang memungkinkan mereka untuk membangun sendiri toko online dengan perangkat yang dimiliki oleh Yahoo. Yahoo juga menawarkan HotJobs untuk membantu pencari tenaga kerja untuk menemukan tenaga kerja yang mereka cari.
* Periklanan Yahoo! Search Marketing menyediakan layanan seperti Sponsored Search, Local Advertising, dan Product/Travel/Directory Submit untuk para pebisnis mengiklankan produk dan jasa mereka di jaringan Yahoo!. Yahoo! Publisher Network merupakan sebuah alat periklanan untuk penerbit online untuk menempatkan iklan yang relevan dengan konten mereka untuk membuat situs Web mereka. Pada tanggal 5 Februari 2007, Yahoo meluncurkan sebuah sistem penjualan iklan di internet baru, yang disebut Panama. Hal ini memungkinkan pengiklan untuk menampilkan iklan mereka untuk istilah pencarian yang didasarkan pada popularitas mereka agar nantinya iklan mereka muncul di halaman hasil pencarian. Melalui Panama, Yahoo bermaksud untuk memberikan hasil yang pencarian yang relevan bagi pengguna, pengalaman yang lebih baik, serta peningkatan monetasi –untuk mendapatkan hasil yang lebih banyak dari tampilnya sebuah iklan. Pada tanggal 7 April 2008, Yahoo mengumumkan APT dari Yahoo!, yang awalnya bernama AMP. APT merupakan sebuah platform manajemen iklan online. Platform ini bertujuan untuk menyederhanakan penjualan iklan dengan menyatukan pembeli dan pasar penjual. Layanan ini diluncurkan pada bulan September 2008.
* Yahoo! Next Yahoo! Next merupakan inkubasi dasar dari masa depan teknologi Yahoo yang mana kini sedang dalam tahap pengujian beta. Yahoo! Next berisi forum pengguna Yahoo di mana pengguna Yahoo dapat memberikan umpan balik untuk membantu pengembangan teknologi masa depan Yahoo. Yahoo! Next ini diciptakan oleh Jerry Page dan David Shin.
* Yahoo! BOSS Yahoo! Search BOSS adalah layanan yang memungkinkan pengembang untuk membangun aplikasi pencarian berdasarkan teknologi pencarian Yahoo. Mitra awal dalam program ini adalah Hakia, Me.dium, Delver, Daylife, dan Yebol.
* Yahoo! Meme Yahoo! Meme merupakan layanan sosial beta, mirip dengan jejaring sosial populer Twitter dan Jaiku.
* Yahoo! Koprol Yahoo! Koprol merupakan jejaring sosial Indonesia berdasarkan lokasi seperti pada GPS tanpa adanya alat GPS.
Layanan Yahoo yang ditutup
* Geocities Merupakan layanan hosting web populer yang didirikan pada tahun 1994. Yahoo mengakuisisi Geocities pada tahun 1999. Sepuluh tahun kemudian Yahoo menutup Geocities dan menghapus jutaan halaman web. Banyak informasi yang hilang karena penghapusan tersebut, namun banyak dari situs dan halaman web ini yang bisa dilihat di OOcities.com.
* Yahoo! 360° Merupakan blogging yang populer/layanan jejaring sosial beta yang diluncurkan pada Maret 2005 oleh Yahoo dan ditutup pada tanggal 13 Juli 2009.
* Yahoo! Mash Beta Merupakan layanan sosial lainnya yang ditutup setelah satu tahun beroperasi sebelum meninggalkan status beta.
* Yahoo! Photos Ditutup pada tanggal 20 September 2007, yang diintegrasikan dengan Flickr.
* Yahoo! Tech Adalah situs web yang menyediakan informasi dan saran pengaturan produk untuk pengguna. Yahoo meluncurkan layanan ini pada Mei 2006. Pada tanggal 11 Maret 2010, Yahoo menutup layanan ini dan mengarahkan pengguna untuk melihat bagian berita teknologi Yahoo saja.
* Layanan lainnya yang dihentikan oleh Yahoo, di antaranya adalah Farechase, My Web, Audio Search, Pets, Live, Kickstart, Briefcase, Yahoo! for Teachers, dan Yahoo! Go.
Koprol Dibeli Yahoo
Yahoo secara resmi mengumumkan akuisisi membeli Koprol. Akuisisi mungkin bukan hal yang luar biasa buat Yahoo karena selama beberapa tahun terakhir perusahaan asal Amerika Serikat ini rajin menguasai perusahaan lainnya. Namun, kabar akuisisi Koprol tentu mengejutkan karena Koprol adalah perusahaan asli Indonesia. “Yahoo! Inc hari ini mengumumkan akuisisi Koprol. Bermarkas di Jakarta, Indonesia,” demikian dilansir Yahoo Finance. Yahoo menyatakan bergabungnya Koprol akan memperkaya layanan berbasis jejaring sosialnya.
Koprol merupakan layanan jejaring sosial yang didirikan PT Skyeight Indonesia sejak tahun 2008. Pengguna Koprol bisa memanfaatkan layanan ini untuk berbagi informasi, review, foto, dan informasi tambahan lainnya tentang lokasi tempat pengguna melaporkannya saat itu. Mirip layanan mikrobloging, tetapi dengan tambahan informasi dan mirip Foursquare, layanan sejenis asal AS yang dilaporkan gagal diakuisisi Yahoo
AOL Inc Berniat Mengakuisisi Yahoo!
CALIFORNIA, KOMPAS.com — Yahoo! Inc kembali menjadi target akuisisi. Raksasa media internet ini tengah dibidik AOL Inc, perusahaan penyelenggara jasa internet global asal Amerika Serikat. Meski belum ada kabar resminya, manajemen Yahoo! sudah bersiap menghadang rencana tersebut. Tiga sumber yang dikutip Bloomberg, Kamis (14/10/2010), bilang, Yahoo! telah menggandeng Goldman Sachs Group untuk membantu mempertahankan diri dari kemungkinan akuisisi oleh AOL. Tim hukum dan komunikasi Yahoo! bersama Goldman dan penasihat lainnya mulai bekerja sama selama dua pekan ke depan.
“Mereka bekerja untuk menangani berbagai pendekatan, termasuk kemungkinan tawaran dari AOL dan perusahaan investasi lainnya,” kata sumber itu. Sejauh ini, belum ada satu pun proposal penawaran yang diterima Yahoo!.
Yahoo! melakukan langkah persiapan diri lantaran kabar ketertarikan AOL terhadap mesin pencari di internet itu kian beredar kencang. Kabarnya, AOL bersama perusahaan pengelola dana investasi, seperti Silver Lake Partners dan Blakestone Group, tengah menjajaki peluang akuisisi Yahoo!. “Dalam beberapa hari ke depan rencana ini akan makin jelas,” kata seorang sumber lainnya. Meski begitu, perusahaan investasi itu dikabarkan telah mengalokasikan dana akuisisi 10 miliar dollar AS-12 miliar dollar AS. Adapun nilai pasar Yahoo! saat ini sekitar 20,6 miliar dollar AS. Sayang, juru bicara AOL, Yahoo!, dan Goldman. Sachs menolak menanggapi berbagai kabar tersebut.
AOL bukanlah peminat pertama Yahoo!. Pada Mei 2008, Microsoft Corp pernah mengajukan tawaran akuisisi Yahoo! senilai 50 miliar dollar AS. Namun, rencana itu kandas dan ditolak manajemen Yahoo!. Sejak peristiwa itu hingga kini, harga saham Yahoo! sudah tergerus sekitar 47 persen. Beberapa perusahaan investasi dan bank investasi mencetuskan niat pengambilalihan Yahoo! melalui AOL dan News Corp. AOL dan News Corp dimiliki Time Warner Inc. Rencana akuisisi itu dilakukan agar Yahoo! fokus sebagai perusahaan media, sedangkan mitranya menggarap bisnis internet.
AOL telah lama menyimpan hasrat terhadap Yahoo!. Pada Desember 2008, Jeff Bewkes selaku Chief Executive Officer Time Warner mengaku tengah membahas kemungkinan kesepakatan AOL dengan Yahoo!, Microsoft, dan Google Inc. Kombinasi AOL dan Yahoo! bisa memperkuat persaingannya dengan jalinan sinergi Google dan Facebook Inc. Di sisi lain, penjualan Yahoo! pada kuartal kedua 2010 di bawah prediksi analis. Bulan lalu, tiga manajer top Yahoo! keluar dari perusahaan itu.
Kekuatan Komputasi Google Menyempurnakan Alat Penerjemah
Pada suatu pertemuan yang dilaksanakan di Google pada tahun 2004, pokok bahasannya terarah pada sebuah surel yang diterima perusahaan itu dari seorang penggemar di Korsel. Sergey Brin yang merupakan salah satu dari dua pendiri Perusahaan Google, menjalankan pesan itu melalui sebuah layanan terjemahan otomatis yang telah dipatenkan perusahaan itu.
Pesan itu berbunyi Google adalah mesin pencari favorit, tapi hasil terjemahan mengatakan: "Irisan ikan mentah memasang ladam kehendak. Hal bawang hijau Google!"
Pak Brin mengatakan Google harus bisa melakukannya lebih baik. Enam tahun kemudian, layanan gratis Penerjemahan Google menangani 52 bahasa, lebih dari sistem lain yang serupa, dan orang-orang menggunakannya ratusan juta kali seminggu untuk menerjemahkan halaman-halaman Web dan naskah lain.
"Apa yang anda lihat pada Penerjemahan Google merupakan karya seni" dalam penerjemahan komputer yang tak dibatasi oleh wilayah subyek tertentu, ujar Alon Lavie, seorang kolega profesor peneliti pada Institut Teknologi Bahasa di Universitas Carnegie Mellon, seperti yang dikutip The New York Times.
Usaha Google untuk berekspansi lebih dari sekedar mesin pencari telah menghasilkan berbagai kesuksesan. Buku-buku digitalnya telah digantung di pengadilan, dan pengenalan jejaring sosialnya, Buzz, meningkatkan ketakutan akan privasi. Contoh itu memperlihatkan bahwa Google bisa salah melangkah ketika dia mencoba untuk menantang tradisi bisnis dan konvensi kultural.
Namun kenaikan cepat Google ke tingkat eselon atas pada bisnis penerjemahan merupakan suatu pengingat tentang apa yang akan terjadi jika Google melepaskan kekuatan komputasinya yang dahsyat terhadap masalah-masalah rumit.
Jaringan pusat-pusat data yang dibangunya untuk pencarian Web sekarang bisa saja menjadi komputer terbesar di dunia jika digabungkan. Google menggunakan mesin itu untuk menekan batas-batas teknologi penerjemahan. Sebagai contoh, kira-kira dua bulan lalu dia mengatakan bahwa dia sedang bekerja menggabungkan alat penerjemahannya dengan analisis gambar yang dapat menerjemahkan tulisan dalam gambar.
"Penerjemahan Mesin merupakan salah satu contoh terbaik yang menunjukkan visi strategis Google," ujar Tim O'Reilly yang merupakan pendiri dan kepala technology publisher O'Reilly Media. "Itu bukanlah sesuatu yang ditanggapi sangat serius oleh siapa saja. Tapi Google mengerti sesuatu tentang data yang tak diketahui orang lain, dan dia sudi membuat investasi yang perlu untuk mengatasi masalah-masalah rumit ini lebih dulu dari pasar."
Menciptakan satu mesin penerjemah sudah lama dilihat sebagai salah satu tantangan tersulit dalam bidang kecerdasan buatan. Selama berpuluh-puluh tahun, para ilmuwan komputer mencoba menggunakan sebuah pendekatan berdasarkan aturan-aturan yaitu mengajarkan komputer aturan-aturan linguistik dua bahasa dan memberikannya kamus-kamus yang diperlukan.
Tapi di pertengahan 1990an, para peneliti mulai memfavoritkan pendekatan statistikal. Mereka menemukan bahwa jika mereka memberitahukan komputer ribuan atau jutaan paragraf beserta hasil terjemahan manusianya, komputer itu bisa belajar membuat terkaan akurat mengenai bagaimana menerjemahkan naskah-naskah baru.
Ternyata teknik ini yang memerlukan data yang sangat besar dan kekuatan komputasi, sangat cocok dengan situasi dan kondisi Google.
"Infrastruktur kami sangat sesuai dengan ini," kata Vic Gundotra yang merupakan wakil presiden bagian teknik di Google. "Kami bisa melakukan pendekatan-pendekatan yang bahkan tak bisa diimpikan pihak lain."
Sistem-sistem penerjemahan otomat masih jauh dari sempurna, bahkan Google tak akan membuat para penerjemah manusia kehilangan pekerjaan dalam waktu dekat ini. Para ahli mengatakan sangatlah sulit bagi sebuah komputer untuk memecahkan satu kalimat ke dalam bagian-bagian kemudian menerjemahkan dan menyatukan mereka kembali.
Tapi layanan Google cukup lumayan untuk menyampaikan inti dari sebuah artikel berita, dan itu telah menjadi sumber instan penerjemahan bagi jutaan orang. "Jika anda menginginkan sebuah terjemahan kasar siap saji, itu merupakan tempat untuk dikunjungi. ujar Philip Resnik yang merupakan ahli penerjemahan mesin dan seorang kolega profesor pada bagian linguistik di Universitas Maryland, College Park.
Seperti para pesaingnya di lapangan, yang paling dikenal Microsoft dan I.B.M., Google telah memasukkan mesin penerjemahnya dengan transkrip pembukaan Perserikatan Bangsa-Bangsa yang diterjemahkan oleh manusia ke dalam enam bahasa, dan dari Parlemen Eropa yang diterjemahkan ke dalam 23 bahasa. Materi-materi dasar ini digunakan untuk melatih sistemnya dengan bahasa-bahasa paling umum.
Tapi Google telah menjelajah naskah Web, begitu juga data dari proyek pemindaian buku dan sumber-sumber lain, untuk bergerak ke luar batas bahasa-bahasa itu. Untuk bahasa yang lebih tak jelas, dia menghadirkan sebuah "kotak peralatan" yang membantu para pengguna dalam penerjemahan dan kemudian menambahkan naskah-naskah tersebut ke dalam basis datanya.
Penawaran Google bisa merugikan penjualan perangkat lunak dari perusahaan seperti I.B.M. Tapi penerjemahan otomat nampaknya tidak akan pernah menjadi penghasil uang banyak, setidaknya bukan dari standar bisnis iklan Google. Tetap saja, kerja keras Google bisa menguntungkan dalam berbagai hal.
Oleh karena iklan-iklan Google online di mana-mana, apa pun yang membuat orang mudah menggunakan Web menguntungkan perusahaan itu. Dan sistem itu bisa mengarah kepada aplikasi-aplikasi baru. Beberapa minggu lalu, perusahaan itu mengatakan dia akan menggunakan pengenalan suara untuk membuat tulisan-tulisan di bawah gambar video YouTube berbahasa Inggris, yang kemudian bisa diterjemahkan ke dalam 50 bahasa lain.
"Teknologi ini bisa membuat barikade bahasa hilang," kata Franz Och yang merupakan kepala ilmuwan di Google yang mengepalai tim penerjemahan mesin perusahaan itu. "Itu bisa memperkenankan siapa saja untuk berkomunikasi dengan yang lain."
Pak Och seorang peneliti Jerman yang sebelumya bekerja di Universitas California Selatan, mengatakan dia pada mulanya enggan bergabung dengan Google, takut perusahaan itu akan memperlakukan penerjemahan sebagai proyek sampingan. Larry Page yang merupaka pendiri Google satunya, memanggil dan meyakinkan Pak Och.
"Pada dasarnya dia berkata bahwa ini merupakan sesuatu yang sangat penting bagi Google," kata Pak Och barusan. Pak Och masuk pada tahun 2004 dan segera membawa janji dari Pak Page ke dalam uji coba.
Sementara banyak sistem penerjemahan serupa dengan punya Google menggunakan hingga milyaran naskah kata-kata untuk membangun pemetaan sebuah bahasa, Google menggunakan lebih banyak lagi: beberapa ratus milyar kata-kata dalam bahasa Inggris. "Pemetaannya menjadi lebih baik dan terus membaik jika lebih banyak naskah yang diproses," ujar Pak Och.
Usaha keras akhirnya memberikan keuntungan. Setahun kemudian, Google memenangkan sebuah kompetisi yang diselenggarakan oleh pemerintah yang menguji berbagai sistem penerjemahan rumit.
Google telah menggunakan pendekatan serupa yaitu kekuatan komputasi besar, tumpukan data dan statistik, untuk mengatasi masalah-masalah rumit lainnya. Sebagai contoh, pada tahun 2007, perusahaan itu mulai menawarkan 800-GOOG-411 yang merupakan layanan direktori bantuan cuma-cuma yang menerjemahkan kata-kata yang diucapkan. Layanan ini memperkenankan Google mengumpulkan berbagai suara dari jutaan orang agar supaya lebih baik dalam hal mengenali bahasa Inggris yang diucapkan.
Setahun kemudian, Google meluncurkan sebuah sistem pencarian berdasarkan suara yang sama baiknya dengan buatan bertahun-tahun perusahaan lain.
Dan pada akhir tahun lalu, Google memperkenalkan sebuah layanan yang disebut Goggles yang menganalisa foto-foto telepon genggam, mencocokkannya dengan basis data lebih dari satu milyar gambar-gambar online, termasuk foto-foto berbagai jalan yang diambil untuk layanan Street Viewnya.
Pak Och mengakui bahwa sistem penerjemahan Google masih membutuhkan penyempurnaan, tapi dia mengatakan sistem itu cepat menjadi lebih baik. "Kurva penyempurnaan kualitas masih tetap tinggi," tambahnya.
Pesan itu berbunyi Google adalah mesin pencari favorit, tapi hasil terjemahan mengatakan: "Irisan ikan mentah memasang ladam kehendak. Hal bawang hijau Google!"
Pak Brin mengatakan Google harus bisa melakukannya lebih baik. Enam tahun kemudian, layanan gratis Penerjemahan Google menangani 52 bahasa, lebih dari sistem lain yang serupa, dan orang-orang menggunakannya ratusan juta kali seminggu untuk menerjemahkan halaman-halaman Web dan naskah lain.
"Apa yang anda lihat pada Penerjemahan Google merupakan karya seni" dalam penerjemahan komputer yang tak dibatasi oleh wilayah subyek tertentu, ujar Alon Lavie, seorang kolega profesor peneliti pada Institut Teknologi Bahasa di Universitas Carnegie Mellon, seperti yang dikutip The New York Times.
Usaha Google untuk berekspansi lebih dari sekedar mesin pencari telah menghasilkan berbagai kesuksesan. Buku-buku digitalnya telah digantung di pengadilan, dan pengenalan jejaring sosialnya, Buzz, meningkatkan ketakutan akan privasi. Contoh itu memperlihatkan bahwa Google bisa salah melangkah ketika dia mencoba untuk menantang tradisi bisnis dan konvensi kultural.
Namun kenaikan cepat Google ke tingkat eselon atas pada bisnis penerjemahan merupakan suatu pengingat tentang apa yang akan terjadi jika Google melepaskan kekuatan komputasinya yang dahsyat terhadap masalah-masalah rumit.
Jaringan pusat-pusat data yang dibangunya untuk pencarian Web sekarang bisa saja menjadi komputer terbesar di dunia jika digabungkan. Google menggunakan mesin itu untuk menekan batas-batas teknologi penerjemahan. Sebagai contoh, kira-kira dua bulan lalu dia mengatakan bahwa dia sedang bekerja menggabungkan alat penerjemahannya dengan analisis gambar yang dapat menerjemahkan tulisan dalam gambar.
"Penerjemahan Mesin merupakan salah satu contoh terbaik yang menunjukkan visi strategis Google," ujar Tim O'Reilly yang merupakan pendiri dan kepala technology publisher O'Reilly Media. "Itu bukanlah sesuatu yang ditanggapi sangat serius oleh siapa saja. Tapi Google mengerti sesuatu tentang data yang tak diketahui orang lain, dan dia sudi membuat investasi yang perlu untuk mengatasi masalah-masalah rumit ini lebih dulu dari pasar."
Menciptakan satu mesin penerjemah sudah lama dilihat sebagai salah satu tantangan tersulit dalam bidang kecerdasan buatan. Selama berpuluh-puluh tahun, para ilmuwan komputer mencoba menggunakan sebuah pendekatan berdasarkan aturan-aturan yaitu mengajarkan komputer aturan-aturan linguistik dua bahasa dan memberikannya kamus-kamus yang diperlukan.
Tapi di pertengahan 1990an, para peneliti mulai memfavoritkan pendekatan statistikal. Mereka menemukan bahwa jika mereka memberitahukan komputer ribuan atau jutaan paragraf beserta hasil terjemahan manusianya, komputer itu bisa belajar membuat terkaan akurat mengenai bagaimana menerjemahkan naskah-naskah baru.
Ternyata teknik ini yang memerlukan data yang sangat besar dan kekuatan komputasi, sangat cocok dengan situasi dan kondisi Google.
"Infrastruktur kami sangat sesuai dengan ini," kata Vic Gundotra yang merupakan wakil presiden bagian teknik di Google. "Kami bisa melakukan pendekatan-pendekatan yang bahkan tak bisa diimpikan pihak lain."
Sistem-sistem penerjemahan otomat masih jauh dari sempurna, bahkan Google tak akan membuat para penerjemah manusia kehilangan pekerjaan dalam waktu dekat ini. Para ahli mengatakan sangatlah sulit bagi sebuah komputer untuk memecahkan satu kalimat ke dalam bagian-bagian kemudian menerjemahkan dan menyatukan mereka kembali.
Tapi layanan Google cukup lumayan untuk menyampaikan inti dari sebuah artikel berita, dan itu telah menjadi sumber instan penerjemahan bagi jutaan orang. "Jika anda menginginkan sebuah terjemahan kasar siap saji, itu merupakan tempat untuk dikunjungi. ujar Philip Resnik yang merupakan ahli penerjemahan mesin dan seorang kolega profesor pada bagian linguistik di Universitas Maryland, College Park.
Seperti para pesaingnya di lapangan, yang paling dikenal Microsoft dan I.B.M., Google telah memasukkan mesin penerjemahnya dengan transkrip pembukaan Perserikatan Bangsa-Bangsa yang diterjemahkan oleh manusia ke dalam enam bahasa, dan dari Parlemen Eropa yang diterjemahkan ke dalam 23 bahasa. Materi-materi dasar ini digunakan untuk melatih sistemnya dengan bahasa-bahasa paling umum.
Tapi Google telah menjelajah naskah Web, begitu juga data dari proyek pemindaian buku dan sumber-sumber lain, untuk bergerak ke luar batas bahasa-bahasa itu. Untuk bahasa yang lebih tak jelas, dia menghadirkan sebuah "kotak peralatan" yang membantu para pengguna dalam penerjemahan dan kemudian menambahkan naskah-naskah tersebut ke dalam basis datanya.
Penawaran Google bisa merugikan penjualan perangkat lunak dari perusahaan seperti I.B.M. Tapi penerjemahan otomat nampaknya tidak akan pernah menjadi penghasil uang banyak, setidaknya bukan dari standar bisnis iklan Google. Tetap saja, kerja keras Google bisa menguntungkan dalam berbagai hal.
Oleh karena iklan-iklan Google online di mana-mana, apa pun yang membuat orang mudah menggunakan Web menguntungkan perusahaan itu. Dan sistem itu bisa mengarah kepada aplikasi-aplikasi baru. Beberapa minggu lalu, perusahaan itu mengatakan dia akan menggunakan pengenalan suara untuk membuat tulisan-tulisan di bawah gambar video YouTube berbahasa Inggris, yang kemudian bisa diterjemahkan ke dalam 50 bahasa lain.
"Teknologi ini bisa membuat barikade bahasa hilang," kata Franz Och yang merupakan kepala ilmuwan di Google yang mengepalai tim penerjemahan mesin perusahaan itu. "Itu bisa memperkenankan siapa saja untuk berkomunikasi dengan yang lain."
Pak Och seorang peneliti Jerman yang sebelumya bekerja di Universitas California Selatan, mengatakan dia pada mulanya enggan bergabung dengan Google, takut perusahaan itu akan memperlakukan penerjemahan sebagai proyek sampingan. Larry Page yang merupaka pendiri Google satunya, memanggil dan meyakinkan Pak Och.
"Pada dasarnya dia berkata bahwa ini merupakan sesuatu yang sangat penting bagi Google," kata Pak Och barusan. Pak Och masuk pada tahun 2004 dan segera membawa janji dari Pak Page ke dalam uji coba.
Sementara banyak sistem penerjemahan serupa dengan punya Google menggunakan hingga milyaran naskah kata-kata untuk membangun pemetaan sebuah bahasa, Google menggunakan lebih banyak lagi: beberapa ratus milyar kata-kata dalam bahasa Inggris. "Pemetaannya menjadi lebih baik dan terus membaik jika lebih banyak naskah yang diproses," ujar Pak Och.
Usaha keras akhirnya memberikan keuntungan. Setahun kemudian, Google memenangkan sebuah kompetisi yang diselenggarakan oleh pemerintah yang menguji berbagai sistem penerjemahan rumit.
Google telah menggunakan pendekatan serupa yaitu kekuatan komputasi besar, tumpukan data dan statistik, untuk mengatasi masalah-masalah rumit lainnya. Sebagai contoh, pada tahun 2007, perusahaan itu mulai menawarkan 800-GOOG-411 yang merupakan layanan direktori bantuan cuma-cuma yang menerjemahkan kata-kata yang diucapkan. Layanan ini memperkenankan Google mengumpulkan berbagai suara dari jutaan orang agar supaya lebih baik dalam hal mengenali bahasa Inggris yang diucapkan.
Setahun kemudian, Google meluncurkan sebuah sistem pencarian berdasarkan suara yang sama baiknya dengan buatan bertahun-tahun perusahaan lain.
Dan pada akhir tahun lalu, Google memperkenalkan sebuah layanan yang disebut Goggles yang menganalisa foto-foto telepon genggam, mencocokkannya dengan basis data lebih dari satu milyar gambar-gambar online, termasuk foto-foto berbagai jalan yang diambil untuk layanan Street Viewnya.
Pak Och mengakui bahwa sistem penerjemahan Google masih membutuhkan penyempurnaan, tapi dia mengatakan sistem itu cepat menjadi lebih baik. "Kurva penyempurnaan kualitas masih tetap tinggi," tambahnya.
Langganan:
Postingan (Atom)