Kamis, 06 Oktober 2011

Hardisk Terbesar Di Dunia, Berkapasitas 120 juta gigabyte

Hardisk terbesar di dunia saat ini memiliki kapasitas 120 petabyte, atau 120 juta gigabyte. Sebelumnya hardisk terbesar di dunia berkapasitas 15 petabyte. Hardisk terbesar buatan IBM itu terdiri dari serangkaian 200 ribu hardisk yang digabungkan menjadi satu di fasilitas superkomputer. Pelaksanaan proyek dilakukan di CA Research Lab, Almaden, San Jose, California, AS.

Hardisk super ini bisa berisi sekitar satu triliun file dan dapat menjalankan simulasi sistem yang lebih kompleks, seperti untuk cuaca dan pemodelan iklim. Megaserver ini dibuat untuk klien anonim yang berencana membuat simulasi fenomena peristiwa nyata.

Untuk menciptalan perangkat keras raksasa ini, IBM mengembangkan berbagai hardware dan teknik perangkat lunak baru. Pendingin yang dibuat untuk hardisk raksasa ini menggunakan sirkulasi air, bukan kipas seperti pendingin hardisk pada umumnya.

Ketika disk utama mati, sistem menarik data dari drive lain dan menulis ke disk pengganti perlahan-lahan, sehingga superkomputer dapat terus bekerja. Jika lebih banyak kegagalan terjadi di antara drive di dekatnya, drive akan membangun kembali kecepatan untuk memproses dan menghindari kemungkinan kegagalan lain, seperti terhapusnya beberapa data secara permanen.

IBM menggunakan taktik standar menyimpan beberapa salinan data pada disk yang berbeda, tapi mempekerjakan perbaikan baru yang memungkinkan superkomputer untuk tetap bekerja dengan kecepatan hampir penuh bahkan ketika drive rusak.

Hardisk

Hardisk adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis. Istilah yang dipakai dalam bahasa baku Indonesia adalah Cakram keras harddisk drive disingkat HDD atau hard drive disingkat HD. Cakram keras diciptakan pertama kali oleh insinyur IBM, Reynold Johnson di tahun 1956. Cakram keras pertama tersebut terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki (0,6 meter) dengan kecepatan rotasinya mencapai 1.200 rpm (rotation per minute) dengan kapasitas penyimpanan 4,4 MB. Cakram keras zaman sekarang sudah ada yang hanya selebar 0,6 cm dengan kapasitas 750 GB. Kapasitas terbesar cakram keras saat ini mencapai 3 TB dengan ukuran standar 3,5 inci.

Jika dibuka, terlihat mata cakram keras pada ujung lengan bertuas yang menempel pada piringan yang dapat berputar
Data yang disimpan dalam cakram keras tidak akan hilang ketika tidak diberi tegangan listrik. Dalam sebuah cakram keras, biasanya terdapat lebih dari satu piringan untuk memperbesar kapasitas data yang dapat ditampung.

Dalam perkembangannya kini cakram keras secara fisik menjadi semakin tipis dan kecil namun memiliki daya tampung data yang sangat besar. Cakram keras kini juga tidak hanya dapat terpasang di dalam perangkat (internal) tetapi juga dapat dipasang di luar perangkat (eksternal) dengan menggunakan kabel USB ataupun FireWire.

Karena sifatnya yang rapuh dan tidak tahan guncangan, cakram keras bisa dikategorikan sebagai barang pecah belah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar