Minggu, 21 Oktober 2012

Ruang Lingkup Sistem Informasi Akuntansi (SIA)

1.Sistem Informasi Akuntansi (SIA) adalah sebuah sistem informasi yang menangani segala sesuatu yang berkenaan dengan Akuntansi. Akuntansi sendiri sebenarnya adalah sebuah sistem informasi. Fungsi penting yang dibentuk SIA pada sebuah organisasi antara lain : 1. Mengumpulkan dan menyimpan data tentang aktivitas dan transaksi. 2. Memproses data menjadi into informasi yang dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan. 3. Melakukan kontrol secara tepat terhadap aset organisasi. Ruang lingkup SIA: Meliputi serangkaian kegiatan administratif untuk menangani transaksi perusahaan,dilengkapi dengan prosedur, dokumen dan jurnal serta laporan keuangan sebagai output. 2.Perbedaan SIA & sistem informasi yang lain a. Perbedaan SIA dan SIM SIA hanya memproses,menganalisa dan mengkumunikasikan informasi keuangan sedang, sedangkan SIM semua informasi dip roses,dianalisa dan dikomunikasikan . b.Perbedaan SIA dan SI Bisnis Perbedaan nya adalah SIA mengutamakan informasi mengenai keuangan suatu perusahaan sedangkan SI bisnis mengutamakan informasi mengenai bisnis ,contoh kinerja karyawan dll. c.Perbedaan SIA dan SI Pemasaran Perbedaannya yang mendasar antara SIA dan SI Pemasaran terletak pada informasinya ,SIA menginformasikan mengenai keuangan sedang, dan SI Pemasaran mengenai informasi pemasaraan dan bagaimana produk ini dipasarkan d.Perbedaan SIA dan SI Keuangan Sistem Informasi keuangan memberikan informasi kepada orang atau perkelomok baik dalam perusahaan atau diluar perusahaan mengenai keungan perusahaan ,sedangkan SIA hanya memberikan informasi transaksi perusahaan dan informasi yang dikeluarkan diperuntukan hanya untuk diperusahaan itu saja. 3.Siklus Akuntansi Bila digambarkan melalui alurnya seperti berikut; Transaksi -> Pencatatan ->Penggolongan -> Pengikthisaran -> Laporan akuntansi -> Menganalisa dan Menginterpresentasikan -> Pihak pemakai Informasi. Dan dalam siklus akuntasinya seperti berikut; (1)Sumber-sumber Dokumen Perusahaan >> (2) Transaksi-transaksi Perusahaan >> (3) Transaksi Dicatat kedalam Jurnal >> (4) Posting Kedalam Buku Besar >> (5) Neraca Saldo >> (6) Jurnal Penyesuaian >> (7) Laporan keuangan >> (8) Penutupan Buku Besar >> (9) Neraca Saldo Penutup >> (10) Jurnal Pembalikan >> (11) Laporan Akuntasi >> (12) Pihak-Pihak Pemakai 4.Siklus pemrosesan transaksi; 4.Siklus Pemprosesan Transaksi a.Aplikasi siklus pendapatan/penjualan ; 1Aplikasi entri pesanan. 2.Aplikasi Pengiriman. 3.Aplikasi pengajuan rekening. 4.Aplikasi tanda terima kas. 5.Aplikasi siklus pengeluaran b. Aplikasi siklus pengeluaran; 1.Aplikasi pembelian. 2.Aplikasi penerimaan. 3.Aplikasi surat bukti. 4.Aplikasi disbursemen kas. c.Aplikasi siklus produksi meliputi ; 1.Perancangan Produk 2.Perencanaan dan Penjadwalan 3.Operasi Produksi 4.Auntansi Biaya d.Aplikasi siklus keuangan ; 1.sistem pemilikan. 2.sistem catatan jurnal. 3.Sistem pelaporan keuangan. Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_informasi_akuntansi http://kazovanajah.blogspot.com/2011/09/ruang-lingkup-sistem-informasi.html http://soma28.wordpress.com/2010/10/01/perbedaan-sia-dan-sim/ http://wahyudialifkecil.blogspot.com/2011/06/siklus-atau-proses-pencatatan-akuntansi.html http://ainkpetrucci.blogspot.com/2012/01/aplikasi-siklus-pengeluaran.html Kirimkan Ini lewat Email BlogThis!